5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Kartu Prakerja

2 min read

Rekomendasi kelas di Skill Academy

Mungkin beberapa di antara kita sedang pusing mencari pekerjaan. Pandemi ini, suka tidak suka, membuat sebagian sektor industri merosot. Atau mungkin, Anda pernah mengalami ini: Anda mengidamkan bekerja menjadi satu profesi tertentu, tetapi tidak tahu bagaimana caranya “sampai” ke tahap itu.

Agar tidak salah langkah, sebelum mengawali karir di bidang profesional, kita perlu tahu kondisi yang sesungguhnya di lapangan. Salah satunya adalah dengan mengikuti kelas-kelas pelatihan yang disediakan. Dengan memiliki kartu prakerja, Anda diberikan kemudahan untuk mendapatkan akses ke ratusan pelatihan yang menjadi mitra resmi pemerintah. Lalu, apa saja keuntungan lain yang didapat dari memiliki kartu prakerja? Maka, inilah 5 alasan mengapa Anda harus memiliki kartu prakerja.

1. Gratis dan Terbuka untuk Siapa Saja

Program Kartu Prakerja diadakan secara gratis dan terbuka bagi siapa saja. Artinya, selama Anda termasuk warga negara Indonesia dengan usia melebihi 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan formal (Anda tidak sedang sekolah/kuliah), Anda bisa memiliki kartu ini. Maka, apa salahnya untuk melakukan pendaftaran?

Mungkin, karena ramainya peminat (dilansir dari kompas.com, sejama gelombang 1-7, sudah ada 18,7 juta orang yang melakukan registrasi), Anda harus bersaing dengan orang-orang lain. Bisa jadi Anda tidak langsung mendapat gelombang pertama dan harus menunggu sedikit lebih lama, tapi, toh, ini adalah program yang gratis. Artinya, apapun hasilnya, Anda tidak akan dirugikan dan tetap jadi orang yang menang. Silakan klik link ini untuk mencari tahu petunjuk cara mendaftar Kartu Prakerja.

2. Mendapatkan Biaya Pelatihan Hingga 1 Juta

Dengan memiliki Kartu Prakerja, Anda akan diberikan uang pelatihan sebesar 1 juta rupiah. Uang ini nantinya akan dimasukkan ke e-wallet dan dapat digunakan untuk membeli kelas-kelas yang ada di skillacademy.com/prakerja. Mulai dari kelas belajar desain grafis, mengembangkan UMKM, hingga trik membuka usaha untuk pemula di masa corona. Kelas-kelas yang ada nantinya bisa Anda akses selamanya dan, setelah lulus, Anda akan mendapatkan sertifikat.

Kapan lagi mendapatkan akses ke berbagai kelas pelatihan secara gratis?

3. Mengetahui Kondisi Pekerjaan Profesional Secara Nyata

Supaya tidak kaget saat membuka usaha atau meniti karir, tentu kita perlu tahu terlebih dahulu kondisi aslinya di lapangan. Apakah benar profesi “copywriter”, misalnya, yang bekerja di kantor adalah seperti yang Anda pikir selama ini?

Penulis sebagai pekerjaan

Sumber: pexels.com

Untuk itu, mengikuti kelas-kelas pelatihan sangat disarankan. Sehingga. ketika pada akhirnya mencemplungkan diri ke dunia profesional, Anda tidak merasa kaget dengan tantangan-tantangan yang ada. Anda sudah membawa bekal dan persiapan ke dalam medan perang. Di sisi lain, perusahaan pun akan senang karena tahu bahwa kamu sungguh-sungguh dan punya motivasi yang tinggi untuk bekerja di sana.

4. Membuka Peluang Mendapatkan Informasi Lintas Keterampilan

Jika Anda merasa salah jurusan atau di tengah hidup, entah apa alasannya, Anda diharuskan berpindah haluan untuk meniti karir di bidang yang baru, tentu kamu butuh ilmunya. Dengan memiliki Kartu Prakerja Anda akan diberikan akses seluas-luasnya untuk memilih sendiri kelas pelatihan mana yang akan Anda ambil. Sehingga, kamu bisa mendapatkan informasi meski lintas keterampilan.

5. Mendapatkan Biaya Insentif Senilai Rp2,55 Juta

Kartu Prakerja tidak hanya memberikan biaya pelatihan untuk bisa mengikuti kelas dan meningkatkan skill Anda. Di samping itu, ia juga memberikan biaya insentif senilai total Rp2,55 juta. Adapun rinciannya sebagai berikut: 600 ribu rupiah setiap bulan, selama 4 bulan. Apabila Anda mengisi survei yang diberikan, Anda akan diberikan tambahan uang senilai 150 ribu rupiah.

Baca juga: Sukses Mengerjakan Tes Kartu Prakerja dengan Memperhatikan Tips Ini

Nah, itu dia 5 alasan mengapa Anda harus memiliki Kartu Prakerja. Yuk, tingkatkan kemampuan diri Anda dengan Program Kartu Prakerja dan ikuti pelatihan-pelatihan yang ada melalui Skill Academy#SiapDariSekarang menuju karir yang gemilang! Klik gambar di bawah untuk mendapatkan palatihan edukatif di Skill Academy

Skill Academy Prakerja