5 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Saat Akan Wawancara Kerja Via Daring

1 min read

Jobseeker pasti sudah mengetahui bahwa wawancara merupakan tahap yang krusial. Hal penting yang harus Anda lakukan sebelum mengikuti wawancara kerja adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan melakukan latihan. Anda dapat mengikuti latihan dan mendapatkan tips seputar wawancara kerja dari ahlinya di Skill Academy.

Selama pandemi Covid-19, banyak perusahaan yang melakukan rekrutmen karyawan secara online. Mulai dari proses pendaftaran, wawancara sampai tahap offering. Berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengikuti wawancara kerja secara online!

1. Tes perangkat

Sebelum mengikuti wawancara kerja via daring, Anda perlu melakukan pengecekan perangkat yang Anda gunakan baik itu laptop ataupun ponsel. Pastikan microphone berfungsi dengan baik agar suara Anda dapat terdengar oleh recruiter. Perhatikan juga kamera perangkat Anda, pastikan berfungsi dengan baik.

(Sumber: giphy.com)

2. Kenakan pakaian formal dan rapi

Meskipun wawancara dilaksanakan secara daring, Anda tetap harus mengenakan pakaian formal dan rapi. Mengenakan pakaian yang rapi akan memberikan kesan bahwa Anda benar-benar mempersiapkan wawancara ini dengan baik. Baju yang Anda kenakan juga dapat menunjukkan profesionalitas Anda.

(Sumber: freepik.com)

Baca juga: Persiapan Memulai Karir setelah Pandemi Covid-19 Berakhir

3. Pilih tempat yang memadai

Tempat juga perlu Anda perhatikan ketika akan wawancara secara daring. Pastikan Anda berada di tempat yang tidak bising, rapih, dan mendapat cahaya yang cukup agar semakin menunjang kualitas gambar Anda di mata recruiter. Pastikan juga tempat yang Anda pilih memiliki koneksi internet yang stabil.

(Sumber: pexels.com)

4. Siapkan rencana saat koneksi internet buruk

Dalam wawancara daring, koneksi internet merupakan hal yang sangat penting dan perlu Anda perhatikan. Kestabilan koneksi internet bukanlah sesuatu yang dapat Anda kendalikan. Meski demikian, Anda dapat menyiapkan rencana apabila koneksi internet tiba-tiba memburuk. Siapkan thetering atau hotspot dari perangkat lain. Anda juga dapat mencatat nomor recruiter serta emailnya sehingga Anda dapat menghubungi recruiter segera setelah koneksi terputus.

(Sumber: unsplash.com)

5. Jangan terlambat masuk room

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah waktu untuk masuk ke dalam room yang telah dibuat recruiter. Anda bisa masuk terlebih dahulu 5 sampai 10 menit sebelum wawancara dimulai. Lebih baik Anda yang menunggu recruiter daripada sebaliknya. Masuk room tepat waktu juga memberi kesan pertama yang baik kepada recruiter. Ini menunjukkan bahwa Anda orang yang disiplin waktu dan memiliki antusias untuk mengikuti wawancara tersebut.

(Sumber: giphy.com)

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat akan mengikuti wawancara kerja secara online. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy