5 Keuntungan Fresh Graduate Bekerja di Perusahaan Start-Up

1 min read

Perkembangan startup di Indonesia semakin pesat. Dilansir dari kominfo.go.id, Indonesia dengan 2.193 startup berhasil menduduki posisi ke lima dunia setelah Amerika Serikat, India, Inggris dan Kanada. Tak hanya unggul dari segi kuantitas, Kominfo juga menjelaskan bahwa startup Indonesia juga unggul dari segi kualitas.

Bekerja di perusahaan startup akan sangat membantu Anda untuk berkembang. Terutama bagi fresh graduate yang memiliki semangat belajar tinggi dan memiliki banyak ide kreatif. Saat ini, sedang ramai sebuah serial drama dari Korea Selatan dengan tajuk Start-Up. Drama ini membuat penonton menjadi ingin bekerja pada perusahaan startup atau membangun startup sendiri.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, yuk simak 5 keuntungan bekerja di perusahaan startup!

Kesempatan untuk belajar dan berkembang

Karena perusahaan startup adalah perusahaan rintisan yang sedang berkembang, maka Anda juga akan ikut berkembang bersama dengan perusahaan tersebut. Perusahaan besar biasanya telah memiliki sistem dan manajemen yang tetap dan stabil, lain halnya dengan perusahaan startup.

Karena merupakan perusahaan rintisan, biasanya perusahaan startup masih mencari sistem dan manajemen yang tepat untuk diterapkan di perusahaan tersebut. Oleh karena itu tak jarang perusahaan memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk berkontribusi dalam mengembangkan perusahaan.

(Sumber: freepik.com)

Melatih dan memupuk kreativitas

Apabila Anda bekerja di perusahaan startup, Anda tidak hanya akan diberikan tugas-tugas untuk dikerjakan, melainkan Anda juga dapat berkontribusi memberikan ide-ide kreatif Anda untuk perusahaan. Anda dapat menyampaikan Anda dalam diskusi tim. Dengan terbiasa melakukan diskusi tim dan juga brainstorming akan melatih dan meningkatkan kreativitas yang Anda miliki.

(Sumber: giphy.com)

Lingkungan yang santai dan penuh inovasi

Perusahaan startup biasanya memiliki karyawan dengan rentang usia yang tidak terlalu jauh. Karena karyawan memiliki umur yang sebaya, membuat lingkungan menjadi lebih santai. Anda dapat berkomunikasi dengan rekan Anda seperti dengan teman karena perbedaan umur yang tidak terpaut jauh. Dengan komunikasi yang santai dan baik, akan lebih mudah untuk berdiskusi, menemukan ide bersama, menciptakan inovasi baru, dan menyelesaikan masalah.

(Sumber: pixabay.com)

Pekerjaan dan pendapat lebih diapresiasi

Biasanya startup terdiri dari tim-tim kecil. Ketika bekerja dalam jumlah tim yang tidak terlalu banyak, maka pendapat Anda akan lebih didengar dan dipertimbangkan. Selain itu, apabila Anda melakukan sebuah pekerjaan dengan baik, maka Anda akan lebih diapresiasi karena sekecil apapun pekerjaan yang Anda lakukan telah membantu progress perusahaan.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Butuh Pemasukan Tambahan, Ini Tips Mulai Bisnis selama Pandemi

Belajar membuat usaha sendiri

Bekerja di perusahaan startup dapat memberi Anda bekal untuk memulai usaha Anda sendiri. Karena bekerja di startup membuat Anda terbiasa belajar, memiliki ide kreatif, dan bekerja dengan teliti. Selain itu, pada perusahaan startup biasanya CEO akan ikut turun tangan apabila perusahaan menghadapi masalah, ini merupakan sesuatu yang dapat Anda amati dan pelajari. Beberapa hal tersebut dapat menjadi modal apabila Anda ingin memulai usaha Anda sendiri.

Selain belajar dari perusahaan tempat Anda bekerja, untuk menambah referensi Anda juga bisa mempelajari bagaimana memulai bisnis dengan mengikuti pelatihan dari Skill Academy agar Anda dapat membangun bisnis yang sukses dengan strategi Lean Startup.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila bekerja di perusahaan rintisan atau startup. Beberapa alasan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum melamar ke perusahaan startup.

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

CTA skill academy