Anda Pelaku Wisata? Mari Bertahan dengan Ikuti Kelas-Kelas Ini

2 min read

Organisasi pariwisata dunia (UNWTO) pada bulan Maret 2020 mengumumkan bahwa sektor pariwisata akan terkena dampak pandemi ke seluruh rantai nilai pariwisata, usaha kecil hingga menengah dari sektor pariwisata di seluruh dunia akan terkena dampak ini. Benar saja, di Indonesia sendiri dampak itu terasa lewat adanya pembatalan besar-besaran dan penurunan pemesanan, baik perjalanan mancanegara hingga domestik. Padahal pariwisata merupakan sektor dengan jumlah pekerja yang sangat banyak, yaitu 13 juta pekerja. Barangkali, Anda adalah salah satunya. Oleh karena itu, pelaku pariwisata menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian pemerintah dan diprioritaskan untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Sambil menyempurnakan usaha pariwisata yang Anda miliki, Anda dapat mengikuti beberapa pelatihan di Skill Academy berikut ini.

Baca juga: Penghasilan Nggak Maksimal Akibat Pandemi? Lakukan ini untuk Menambah Penghasilan

Strategi Memulai Usaha Biro Perjalanan Wisata

Entah Anda sudah memiliki usaha biro perjalanan atau belum, Anda dapat mengikuti kelas ini untuk memiliki pemahaman yang sama terhadap pariwisata dan mengetahui gambaran secara mendasar seperti apa peran dan potensi pariwisata di Indonesia. Kelas ini dijelaskan langsung oleh Agung Yoga Asmoro, pendiri dan pengelola Linta Buana Tours sekaligus seorang dosen pariwisata di Sekolah Tinggi Pariwisata di Surabaya. Oleh karena itu, beliau merupakan seorang akademisi yang juga seorang pelaku wisata yang sangat memahami usaha ini. Anda akan dijelaskan bagaimana caranya memilih target, membuat perencanaan paket wisata, membangun koneksi untuk mendapatkan konsumen, melakukan pemasaran baik online atau pun offline, hingga mengatasi tantangan bisnis. Meskipun Anda sudah memulai usaha travel, bisa jadi unsur-unsur tersebut belum semuanya dipenuhi oleh bisnis Anda. 

(Sumber: Pexels.com)

Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata dari sabang sampai merauke, sayangnya tidak semua destinasi dikenali oleh wisatawan asing. 16.106. 654 wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia, tapi sebagian besar mengunjungi Bali. Hmm… padahal ada banyak sekali tempat yang cantik di Indonesia untuk menjadi destinasi wisata. Mungkin kota tempat tinggal Anda salah satunya. Sangat mungkin untuk menjadikan kota tempat tinggal Anda menjadi sebuah destinasi wisata, caranya sudah dijelaskan secara lengkap di kelas ini. Faiz Karim, Business and Marketing Director Roote Trails dan lulusan Master dari Tourism, Leisure, and Sustainability, University of Glasgow akan menjelaskan kepada Anda hal mendasar dari pariwisata seperti karakteristik pariwisata, perilaku pengunjung, hingga hingga cara membangun citra destinasi pariwisata. Kelas ini juga ada lanjutannya lho, yaitu Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata untuk memahami strategi marketing destinasi pariwisata yang Anda rencanakan.

Cuplikan Video Kelas Strategi Pemasaran Destinasi Pariwisata untuk Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Bahasa Inggris untuk Pelaku Pariwisata dan Jasa

Dalam membangun bisnis biro perjalanan atau menjadi tour leader, mungkin ada satu kekhawatiran yang Anda miliki, yaitu kemampuan berbahasa Inggris. Takut banget rasanya kalau ada tamu bule berkunjung. Kini nggak perlu takut lagi, karena Skill Academy memahami kebutuhan Anda dengan mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk Pelaku Pariwisata dan Jasa. Kelas ini akan membantu Anda memahami bahasa Inggris dari mulai cara mengucapkan hurufnya, hingga kalimat yang bisa Anda gunakan untuk tawar-menawar. Ada juga pembahasan mengenai mata uang asing agar Anda tidak kebingungan saat bertransaksi dengan wisatawan mancanegara.

Cuplikan Video Kelas Bahasa Inggris untuk Pelaku Pariwisata dan Jasa

Keberhasilan Pemasaran Digital dan Strategi Distribusi Online di Industri Hotel

Anda memiliki usaha penginapan dan mengalami penurunan income akibat adanya pandemi? Maksimalkan pemasaran digital hotel Anda secara online dari sekarang. Jika selama ini Anda hanya bergantung pada travel agent setempat yang membawa tamu, maka kini Anda bisa memasarkan sendiri hotel Anda secara online tanpa pihak ketiga. Tidak hanya membuat website, kelas ini juga akan mengajarkan Anda bagaimana caranya memaksimalkan berbagai channel online seperti Online Travel Agent (OTA) untuk mempromosikan hotel Anda. Kelas ini akan dipandu oleh Herlan Setiawan, seorang E-Commerce and Digital Marketing Manager dari The Ritz Carlton Hotel Jakarta Mega Kuningan. Pasti Anda tahu dong hotel bintang lima ini?

(Sumber: Pexels.com)

Baca juga: Ikut Pelatihan Online untuk Prakerja Apa Saja Keuntungannya

Itu dia lima kelas untuk menjadi pertimbangan Anda yang bekerja menjadi pelaku pariwisata. Masa pandemi ini pastinya sulit bagi Anda, tapi bukan berarti tidak ada jalan keluar, ‘kan? Jangan pernah menyerah dan eksplor diri Anda untuk kesempatan yang lebih besar lagi. Optimis industri pariwisata akan segera kembali seperti sedia kala!

Skill Academy Prakerja