Apa Itu FGD dan Bagaimana agar Lolos FGD dalam Seleksi Pencarian Kerja?

2 min read

Tiap perusahaan memiliki tahapan yang berbeda dalam proses rekrutmen. Salah satu tahapan yang tidak dilakukan oleh semua perusahaan adalah Focus Group Discussion (FGD). Meski demikian, saat ini FGD mulai banyak digunakan dalam proses rekrutmen. Biasanya FGD terdapat pada seleksi Management Trainee (MT), Officer Development Program (ODP), dan program akselerasi karir lain nya yang dimiliki oleh perusahaan.

FGD adalah diskusi kelompok mengenai suatu isu, biasanya dalam satu kelompok terdiri dari 6-8 orang. Saat pelaksanaan FGD, masing-masing kelompok akan mendapatkan makalah berisi studi kasus yang harus didiskusikan bersama. Dilaksanakan nya FGD adalah untuk melihat leadership skill peserta yang nantinya akan dinilai oleh supervisor atau HRD.

Karena FGD adalah tahap yang krusial, berikut adalah tips agar lolos FGD, disimak ya!

  • Mempelajari isu atau topik yang mungkin digunakan oleh perusahaan

Dalam FGD, biasanya recruiter akan memberikan studi kasus tertentu yang harus dibahas secara berkelompok. Meski tidak dapat diketahui dengan pasti topik atau isu apa yang akan dibahas, Anda dapat membiasakan diri menganalisa isu-isu yang sedang ramai dibahas saat ini. Berlatih menganalisa isu terkini dapat membantu Anda untuk melatih kemampuan berpikir kritis terhadap suatu masalah.

Baca juga: 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

  • Mengetahui apa yang dinilai selama FGD

FGD memang dilakukan secara berkelompok, namun recruiter akan memberikan nilai kepada masing-masing individu. Untuk itu perlu bagi Anda untuk mengetahui apa-apa saja yang menjadi poin penilaian selama FGD. Beberapa aspek yang dinilai diantaranya adalah kepercayaan diri, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, kerja sama tim, pengendalian emosi, dan penyesuaian diri.

(Sumber: freepik.com)

  • Diam tidak selalu emas

Jika Anda sering mendengar peribahasa diam adalah emas, hal itu tidak berlaku dalam FGD. Jika Anda terlalu banyak diam dan hanya mengikuti alur, recruiter akan menilai bahwa Anda adalah individu yang cenderung pasif disaat perusahaan mengalami suatu masalah.

Apabila Anda tidak turut menyampaikan pendapat karena Anda gugup atau tidak terbiasa menyampaikan pendapat di depan banyak orang, maka Anda perlu untuk melatih kemampuan public speaking Anda. Skill Academy menjawab kebutuhan Anda dengan mengadakan kelas mahir public speaking yang dapat Anda ikuti untuk melatih keterampilan Anda.

  • Inisiatif untuk bekerja sama

Dalam FGD, recruiter akan tertarik dan memberikan nilai lebih kepada peserta yang memiliki inisiatif untuk membuka diskusi, mendorong peserta lain untuk ikut berdiskusi, dan memiliki sikap yang baik saat peserta lain menyampaikan pendapat untuk menyelesaikan masalah yang sedang dibahas. Untuk itu, Anda harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Anda dapat mengikuti pelatihan online terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda.

  • Menolak dengan sopan

Selama diskusi, Anda mungkin akan mengalami perbedaan pendapat dengan yang lainnya. Meski demikian, Anda harus menyanggah pendapat tersebut dengan cara yang sopan. Dilansir dari vicarioreinaldo.com, ada 3 cara untuk menunjukkan jika Anda tidak setuju dengan pendapat orang lain, yaitu dengan diam, menyanggah dengan kasar & agresif, dan menyanggah dengan sopan. Jika Anda diam maka Anda akan dianggap pasif, jika Anda menyanggah dengan kasar dan agresif maka penilaian pengendalian emosi Anda akan rendah. Oleh karena itu, sanggah lah pendapat orang lain dengan cara yang sopan.

(Sumber: giphy.com)

Itu lah tips yang dapat Anda terapkan saat mengikuti FGD. Dalam focus group discussion, Anda harus memiliki kemampuan berpikir kritis, public speaking yang baik dan juga inisiatif. Anda dapat mempersiapkan diri Anda untuk memperbesar peluang Anda dengan mengikuti pelatihan seputar public speaking dan komunikasi dari Skill Academy.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan berbagai macam kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar.

CTA skill academy