Baru Akan Memasuki Dunia Kerja? Ini Dia Istilah yang Harus Anda Pahami

2 min read

Jika Anda baru saja menyelesaikan pendidikan dan akan segera memasuki dunia pekerjaan. Mungkin ini akan terasa seperti memasuki babak baru dalam hidup Anda. Membayangkan diri Anda bekerja pada pekerjaan yang sudah lama Anda impikan, pasti akan membuat Anda bersemangat.

Tentu saja sebelum memasuki dunia kerja, mempunyai bekal menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Tidak hanya sekadar keahlian dan pengalaman, tetapi mengetahui beberapa istilah yang ada pada dunia kerja juga menjadi bekal yang penting lho

Karena dianggap sebagai pengetahuan dasar, memahami istilah umum bisa menjadikan Anda lebih siap dan professional. Seperti istilah yang digunakan dalam melamar pekerjaan atau istilah penting yang wajib diketahui saat nanti Anda diterima menjadi karyawan. Kira-kira sudah sejauh manakah pengetahuan Anda mengetahui istilah-istilah tersebut? Berikut adalah istilah-istilah yang wajib Anda ketahui sebelum terjun ke dunia kerja.

Baca juga: Memilih Pekerjaan di Bidang yang Baru, Mungkin Nggak sih?

Curriculum Vitae 

Anda pasti sudah cukup familiar dengan istilah curriculum vitae atau CV. Berbeda dengan resume, CV berisikan informasi diri Anda secara lebih detail. Seperti data diri, pendidikan, pengalaman kerja, dan juga pencapaian prestasi yang berhasil diraih. 

Meskipun berisikan informasi diri, tidak jarang banyak dari pelamar kerja yang masih belum mengetahui cara membuat CV yang baik dan benar. Padahal melalui kualitas sebuah CV, menjadi penentu Peluang untuk dapat lolos atau tidak ke tahap interview. Apakah Anda mengalami hal yang sama?

Jangan khawatir, melalui kelas Bedah CV untuk Sekolah ke Luar Negeri, Beasiswa, dan Lamaran Kerja bisa menjadi solusi Anda untuk mempelajari cara membuat CV yang profesional dalam melamar pekerjaan. Dipandu langsung oleh Iman Usman, Anda akan mempelajari cara membuat CV yang efektif sehingga dapat menarik perhatian recruiter

Cuplikan video kelas Bedah CV untuk Sekolah ke Luar Negeri, Beasiswa, dan Lamaran Kerja

Resume

Resume adalah CV dengan format yang lebih singkat. Adapun isi resume berisikan mengenai rangkuman pengalaman profesional, pencapaian, serta informasi dari tujuan karir Anda. Resume bisa bersifat fleksibel dibandingkan CV, karena setiap bagiannya bisa diatur sedemikian rupa untuk menekankan pencapaian tertentu.

(Sumber: Pexels.com)

Baca juga: Sedang Membuat Lamar Kerja? Perhatikan Hal-hal ini

Portfolio

Jika Anda ingin melamar pekerjaan yang berkaitan dengan teknis seperti pada bidang desain, programming, dan jurnalisme. Umumnya Anda akan diminta untuk juga melampirkan sebuah portfolio sebagai referensi mengenai keahlian Anda. Portfolio merupakan dokumen berupa kumpulan dari hasil karya yang pernah Anda buat. Umumnya portofolio akan berupa foto, kliping, rancangan bangunan, atau hasil karya lain yang pernah dibuat sebelumnya. 

(Sumber: Pexels.com)

Probation

Probation adalah masa percobaan bagi pekerja yang baru saja diterima pada sebuah perusahaan. Masa percobaan ini akan berlangsung selama 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan bisa lebih, tergantung pada kebijakan setiap perusahaan. Setelah melewati masa percobaan, kinerja dari pekerja tersebut akan dievaluasi. 

Jika nantinya Anda telah diterima pada suatu pekerjaan dan menjalani probation. Anda harus bisa menunjukkan kemampuan dan performa terbaik Anda. Dengan kata lain, Anda harus bisa membuktikan potensi dan keahlian yang pernah Anda sebutkan sewaktu wawancara. Karena jika tidak bisa memenuhi harapan dari perusahaan, maka masa kerja tidak akan diperpanjang atau tidak lolos untuk menjadi karyawan. Begitu pula berlaku sebaliknya.

Tidak sulit untuk bisa menunjukkan performa terbaik Anda, jika Anda mengetahui berbagai tips dan triknya. Melalui kelas Rahasia Sukses Berkarir yang akan dipandu oleh Ritchie Goenawan, Anda bisa mempelajari cara menjadi seseorang yang kompeten dalam karir dan berbagai tips dan trik dalam menghadapi dunia pekerjaan

Cuplikan video kelas Rahasia Sukses Berkarir

Over Time

Over time adalah istilah yang sering digunakan ketika karyawan bekerja melebihi waktu kerja atau mungkin Anda lebih familiar dengan istilah lembur. Biasanya overtime akan dilakukan jika karyawan tidak bisa mencapai target pekerjaan dalam hari itu atau jika pekerjaan sudah mendekati waktu tenggang.

(Sumber: Pexels.com)

Baca juga: 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Itulah beberapa istilah yang ada pada dunia kerja, mungkin beberapa ada yang belum pernah Anda dengar karena belum melakukannya. Melalui beberapa istilah tadi, bisa Anda jadikan pengetahuan terhadap dunia kerja. Untuk mendukung pengetahuan lebih dalam menjalani istilah-istilah tersebut, Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan online di Skill Academy. Klik CTA di bawah ini untuk mendapatkan informasi lainnya. 

 

Skill Academy Prakerja