Beberapa Keuntungan Memulai Bisnis Thrift Shop

1 min read

Thrift shop merupakan jenis usaha menjual barang bekas atau second dengan kondisi masih layak pakai, biasanya berasal dari barang import. Baru-baru ini, thrift shop menjadi tren dan ramai di kalangan remaja. Dilansir dari kompas.com, Riri Rengganis, Vice Executive Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) menjelaskan thrift shop bisa menjadi tren karena melakukan thrifting dinilai seru, harga beli yang murah dengan kondisi barang yang masih layak pakai, serta adanya kesadaran mengenai pakaian bekas merupakan sumber limbah yang besar di dunia.

Di masa pandemi, melakukan bisnis kecil-kecilan merupakan salah satu solusi untuk tetap menghasilkan uang. Melihat pemaparan di atas, bisnis thrift shop ini layak untuk Anda coba. Berikut beberapa keuntungan melakukan bisnis thrift shop:

Modal minim

Bisnis thrift shop tidak memerlukan modal yang banyak. Untuk penjualan awal, Anda dapat membeli produk sesuai dengan jumlah uang yang Anda miliki. Daripada melakukan thrifting secara online, Anda dapat membeli produk yang ingin Anda jual dengan datang langsung ke pasar, selain akan mendapatkan harga lebih murah, Anda juga dapat melihat kondisi barang secara langsung. Anda juga dapat mengumpulkan baju bekas Anda dan keluarga Anda yang masih layak pakai untuk dijual kembali. Ini dapat membantu Anda meminimalisir budget untuk penjualan pertama Anda.

(Sumber: pexels.com)

Banyak peminat

Produk yang dijual dalam thrift shop biasanya berupa baju, celana, tas dan sepatu. Selain itu, biasanya produk thrift merupakan produk dengan merek terkenal dan import. Dengan kondisi barang yang masih bagus, memiliki merek yang terkenal dan harga yang pas di kantong, thrift shop akan selalu memiliki peminat. Ditambah lagi kalangan remaja biasanya senang mengikuti tren, cenderung konsumtif dan sering membeli barang secara impulsif. Ini merupakan bisnis yang dapat Anda perhitungkan.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Bermodal Minim buat Nambah Penghasilan

Mudah dipasarkan

Memulai bisnis thrift shop tidak berarti Anda harus memiliki toko offline. Dengan adanya perkembangan teknologi, Anda dapat memasarkan produk Anda melalui sosial media dan juga marketplace. Anda dapat menambahkan kata kunci secondhand atau preloved untuk memudahkan konsumen menemukan online store dan produk Anda.

Anda dapat mempelajari bagaimana cara memasarkan produk secara online dengan mengikuti kelas Strategi Efektif Menjalankan Internet Marketing dari Skill Academy. Kelas ini telah diikuti oleh lebih dari 60000 peserta dengan rating 4.9.

Itulah beberapa keuntungan memulai bisnis thrift shop. Ikuti kelas lain dari Skill Academy untuk menambah insight mengembangkan bisnis yang sedang Anda rintis. Anda dapat memilih kategori pemasaran atau bisnis dan keuangan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

CTA skill academy