Berbagai Profesi Menjanjikan, Mempelajari Bidang Audio Dapat Menjadi Pilihan

2 min read

Kelas Audio di Skill Academy

Di era yang serba visual ini, profesi videografer atau fotografer jadi menjamur. Perlu adanya skill yang perlu dilatih jika Anda ingin menyelami dunia tersebut. Maraknya konten video membuat kita jadi sadar dengan profesi baru tersebut. Namun, banyak orang yang masih tidak sadar bahwa selain pengambilan gambar, audio/suara juga sangat penting. Kenyataannya, profesi yang berkaitan dengan audio tidak kalah menjanjikan. Maka, berikut adalah profesi menjanjikan di masa depan yang berkaitan dengan audio.

1. Podcaster

Podcaster merupakan host yang mengelola sebuah podcast. Pada dasarnya, podcast adalah konten berbasis audio. Sebagai podcaster, Anda layaknya penyiar radio yang bisa membawakan acara Anda sendiri. Keuntungan menjadi seorang podcaster adalah memiliki channel yang luas dan konten audio Anda dapat didengarkan siapa saja. Acara podcast Anda pun bisa disebar ke platform streaming musik sehingga pendengar Anda tidak terbatas. Agar lebih siap lagi, Anda bisa mengikuti kelas Kuasai Teknik Produksi Audio Digital untuk Pemula dari Skill Academy.

 

Podcaster

(Sumber foto: unsplash.com)

Sebagai podcaster, Anda dapat menghasilkan uang dengan cara membaca iklan selama siaran, bekerja sama dengan platform streaming audio tertentu, mencari sponsor, pergi tur untuk melakukan siaran, hingga crowdfungding dengan pendengar.

Berdasarkan laporan Bloomberg, podcast paling populer bisa menghasilkan pendapatan hingga lebih dari $1 juta (15 milyar) per tahun. Bahkan The Daily Podcast, sebuah podcast milik The New York Times, mendapatkan pendapatan lebih dari $10 juta (160 milyar) pada tahun 2018 lalu.

2. Sound Engineer

Phil Ek, seorang produser dan engineer, mendefinisikan sound/audio engineer sebagai orang yang mengoperasikan berbagai aspek teknis dalam perekaman. Ada beberapa cabang profesi yang bisa Anda ambil di dalam ranah sound engineer. Mulai dari perekaman di studio musik, live performance, hingga audio designer di dalam sebuah game atau post engineer.

3. Engineer di studio musik

Profesi ini tentunya cocok bagi Anda penggemar musik. Seorang studio engineer akan bekerja dengan seluruh fasilitas studio. Anda akan bekerjasama dengan musisi dan membantunya dalam dapur rekaman. Mulai dari set up rekaman, mixing, hingga melakukan mastering (proses “finishing” sebelum akhirnya lagu hasil rekaman dilipatgandakan).

Sebagai seorang audio engineer, tugas Anda adalah memastikan lagu tersebut berkualitas. Anda akan memanipulasi suara, menggabungkan audio, dan lain lain.

Keuntungan lain: Anda dapat mendengar lagu dari berbagai seniman lebih dulu sebelum lagu tersebut disiarkan untuk publik.

4. Engineer di live performance

 

Sound engineering di live concert(Sumber foto: pexels.com)

Bagi Anda yang suka mengikuti konser musik, bisa jadi profesi ini cocok. Tugas seorang live sound engineer adalah memastikan suara yang dihasilkan saat musisi sedang manggung keluar dengan maksimal. Mulai dari perencanaan dan instalasi speaker, urusan kabel, serta mixing selama si musisi bermain.

5. Engineer dalam Game Development

Eits, jangan salah. Salah satu aspek seru dalam sebuah game adalah karena suara yang dihasilkan sesuai dengan suasana game-nya. Para penggemar game Final Fantasy pasti khatam betul dengan berbagai sound yang ada di dalamnya, yang membuat permainan menjadi lebih khusyuk. Atau suara/musik dalam game Harvest Moon, misalnya. Melihat industri game yang terus berkembang, bisa dipastikan profesi sound engineer dalam game development akan ikut menjanjikan ke depannya.

6. Audio Engineer dalam Video Production

Faktanya, sound dalam sebuah video lebih krusial dibanding gambar yang diambil. Kita semua bisa mengiyakan ini: lebih enak menyaksikan layar televisi kresek-kresek dengan suara yang baik ketimbang video cinematic tapi saat aktornya bicara, suaranya tidak jelas/pecah. Maka, profesi sound engineer dalam sebuah produksi konten video ksangat penting. Tugasnya? Tentu untul memastikan agar suara yang diambil terekam dengan baik. Di dalam produksi sebuah video/film, ada juga sound engineer yang bertugas memoles suara ketika si film sudah di-record. Audio post engineer akan mengambil keputusan, apakah ia harus menghilangkan “noise” yang terekam saat shooting, mengeditnya, mixing, atau meminta sang aktor untuk melakukan dubbing di film tersebut.

Nah, ternyata profesi yang berkaitan dengan audio juga sangat penting dan menjanjikan bagi masa depan ya. Jika Anda tertarik dengan audio tapi tidak tahu memulainya, Anda bisa dapat mengikuti kursus online yang terdapat di Skill Academy. Di sana, ada tutor profesional yang akan membuka mata Anda terkait profesi seputar audio. Yuk, #SiapkanDariSekarang agar Anda tidak gagap saat mendaki tangga karir!

 

manfaatkan saldo prakerja untuk kembangkan karir dan bisnis bersama skillacademy by Ruangguru