Bukan Sekedar Hobi, Inilah Beberapa Hobi yang Dapat Menambah Penghasilan Anda

1 min read

Seseorang biasanya memiliki hal yang disenangi atau hobi yang dilakukan saat memiliki waktu senggang. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19, selama #dirumahaja Anda dapat menekuni hobi lama Anda atau menemukan hobi baru.

Memiliki hobi ternyata banyak manfaatnya, diantaranya adalah meningkatkan kreativitas, mengurangi stres, self-healing, dan juga memberikan penghasilan tambahan.

Berikut adalah beberapa hobi yang dapat menghasilkan uang, apakah hobi Anda termasuk? Yuk simak artikelnya!

Fotografi

Mengabadikan objek atau momen tertentu dengan menggunakan lensa kamera merupakan hal yang menyenangkan. Kemampuan fotografi merupakan skill yang banyak dibutuhkan. Tidak terikat jam kerja, Anda bisa menjadi freelancer fotografer untuk acara pernikahan atau event lainnya, menjadi fotografer untuk foto produk, prosesi melahirkan, mengikuti lomba fotografi, atau virtual photoshoot yang sempat ramai selama masa karantina. 

Menjadi seorang fotografer bukan berarti Anda harus memiliki kamera edisi terbaru, Anda bahkan dapat menggunakan ponsel. Jika Anda tertarik dengan hobi fotografi namun baru akan belajar, jangan khawatir, Skill Academy mengadakan kelas mahir foto produk dengan ponsel yang dapat membantu Anda memaksimalkan hobi fotografi Anda.

(Sumber: unsplash.com)

Memasak

Berkreasi atau mencoba resep-resep baru adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Selama #dirumahaja, Anda bisa tetap produktif dengan menekuni hobi masak atau belajar memasak. Hasil masakan yang Anda buat dapat Anda pasarkan melalui sosial media atau kepada orang-orang terdekat Anda. Apabila mendapat respon baik, hal ini dapat menjadi peluang bisnis, Anda dapat memulai bisnis catering, menjual dessert box, kue basah, camilan atau makanan lainnya.

(Sumber: giphy.com)

Koleksi tanaman hias

Mengoleksi tanaman hias menjadi hal yang kembali ramai dilakukan pada tahun 2020. Memiliki banyak waktu #dirumahaja membuat tren ini kembali populer. Beberapa tanaman hias yang populer tahun ini diantaranya adalah Philodendron Micans, Monstera, Cryptanthus Red, Begonia, Aglonema dan lainnya.

Karena tren tanaman hias kembali populer, maka penggemar tanaman hias akan berburu tanaman unik yang sedang naik daun. Jika Anda memiliki koleksi tanaman hias yang banyak dicari, maka Anda akan memperoleh keuntungan dengan menjual koleksi tanaman Anda.

(Sumber: freepik.com)

Menulis

Saat ini, menulis merupakan hal yang dapat memberikan penghasilan bagi Anda. Untuk itu, bagi Anda yang memiliki hobi menulis atau blogging, Anda bisa mulai menjadi freelancer Content Writer. Selain menyalurkan hobi, dengan menjadi freelancer Anda juga dapat menambah portofolio yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki hobi menulis atau blogging namun belum mengetahui bagaimana cara agar menulis dapat menghasilkan uang, Anda dapat mengikuti kelas dari Skill Academy yang akan membantu Anda menjadi Blogger dengan pendapatan yang besar.

Menggambar atau melukis

Beberapa orang dapat melepaskan stres atau rasa jenuh dengan menggambar atau melukis. Apabila Anda memiliki hobi ini, maka Anda dapat menjadikan hobi ini sebagai peluang bisnis. Banyak orang yang menjadikan lukisan potret atau sketsa wajah untuk dijadikan hadiah pada momen-momen tertentu seperti ulang tahun, hadiah pernikahan, wisuda, dan lainnya.

(Sumber: pexels.com)

Itulah beberapa hobi yang dapat memberikan penghasilan tambahan bagi Anda. Selain menyenangkan, apabila Anda menekuni hobi Anda, hobi dapat menjadi peluang bisnis atau menambah penghasilan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Akan ada banyak flash sale 11.11 lho, jangan sampai ketinggalan promonya!

Skill Academy Prakerja