FAQ Isu Prakerja

9 min read

Tentang Keterlibatan Ruangguru dalam Program Kartu Prakerja

1. Benarkah Ruangguru dapat 5,6 T dari pemerintah?

Tidak benar. Skill Academy dan tujuh mitra resmi platform digital program Kartu Prakerja lainnya tidak menerima secara langsung alokasi anggaran khusus dari pemerintah.

Skema Kartu Prakerja adalah pemberian bantuan insentif langsung dan kredit pelatihan. Kredit pelatihan senilai Rp1.000.000 dapat digunakan sampai memenuhi jumlah kredit maksimal, tetapi bisa juga tidak. Peserta juga dapat memilih kelas dari ratusan lembaga pelatihan lainnya (saat ini tersedia >192 lembaga pelatihan yang sudah dikurasi oleh Pemerintah) yang menawarkan ribuan kelas.

Oleh karena itu, para peserta Kartu Prakerja yang dapat menentukan sepenuhnya berapa anggaran yang akan dikeluarkan pemerintah untuk tiap lembaga pelatihan. Artinya, jika pengguna tidak suka atau memilih untuk tidak mengikuti pelatihan dari lembaga atau platform tertentu, lembaga atau platform tersebut juga tidak akan mendapatkan apa-apa. Pada akhirnya, proses akan diserahkan pada keputusan pemegang kartu dan mekanisme pasar.

Kesimpulan: Ruangguru tidak mendapatkan dana alokasi 5,6 T langsung dari pemerintah.

Referensi:

 

 

2. Apa maksud kalimat promosi “Pelatihan Gratis + Insentif Rp2.55 Juta dengan Kartu Prakerja” pada website Skill Academy?

Sebagaimana yang diketahui, saat ini Skill Academy sedang terlibat dalam program Kartu Prakerja. Kartu Prakerja adalah program yang didanai oleh pemerintah Republik Indonesia, dalam bentuk penyaluran bantuan biaya pelatihan dari pemerintah kepada pengguna untuk dapat mengikuti pelatihan dari platform digital tertentu.

Untuk dapat mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, pengguna yang memegang Kartu Prakerja memang tidak membayarkan uang, melainkan menggunakan saldo yang diberikan oleh pemerintah dalam Kartu Prakerja tersebut secara cuma-cuma, yang terdiri dari (i) subsidi pelatihan non-tunai sebesar Rp 1 juta serta (ii) insentif sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan dan Rp150 ribu untuk pengisian survey. Hal ini sudah kami tuliskan dalam penjelasan di website skillacademy.com/prakerja sejak awal Skill Academy mengikuti program Kartu Prakerja dari Pemerintah.

Dalam hal pengguna memilih Kartu Prakerja sebagai metode pembayaran dalam website Skill Academy, maka pengguna diharuskan memasukkan nomor kartu Prakerja, memastikan saldo kartu Prakerja mencukupi serta melakukan konfirmasi atas pengurangan harga yang terjadi (mohon lihat gambar di bawah). Pengguna juga tidak dapat melanjutkan transaksi jika saldo kartu Prakerja kurang. Ini menunjukkan bahwa tidak mungkin seorang pengguna Kartu Prakerja tidak menyadari bahwa saldo akan berkurang karena transaksi.

kartu prakerja

Penjelasan lengkap mengenai bagaimana cara mendaftar, bentuk bantuan biaya pelatihan, serta cara mengikuti pelatihan di Skill Academy dalam Program Kartu Prakerja dapat ditemukan pada laman website kami. Mohon merujuk pada poin 3, 5 dan 7 dari FAQ. Banner/poster di website sudah jelas merujuk pada program Kartu Prakerja, dan dilengkapi dengan penjelasan syarat dan ketentuan yang jelas dan terang.

Perlu dicatat juga dalam hal pengguna memutuskan untuk mengikuti pelatihan di Skill Academy dalam program Kartu Prakerja, pengguna sebelumnya sudah secara sadar dan inisiatif mendaftarkan diri untuk membuat akun di website resmi Kartu Prakerja milik pemerintah, yaitu prakerja.go.id, yang mana di dalamnya juga telah dijelaskan mengenai bagaimana sistem penggunaan saldo Kartu Prakerja. Silahkan merujuk pada prakerja.go.id/faq untuk informasi yang lebih lengkap. Sehingga, seluruh penerima kartu prakerja dapat dipastikan sudah memahami mekanisme dan menyetujuinya secara elektronik di web Prakerja.

Program Kartu Prakerja sendiri merupakan program yang dibentuk oleh pemerintah pusat Republik Indonesia, dan mekanismenya sudah dipublikasikan luas oleh media, dan pun telah diketahui oleh masyarakat secara luas.

Dengan seluruh poin di atas, sudah cukup jelas bahwa banyak sekali informasi yang didapatkan pengguna dari keseluruhan alur pembelian dari berbagai saluran informasi, sehingga tidak mungkin pengguna tidak mengetahui mekanisme pelatihan prakerja yang dimaksud.

 

3. Ceritakan, seperti apa pemilihan mitranya? Apakah ada tender?

Sesuai dengan penjelasan dari Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky, pemerintah sudah melakukan proses verifikasi terhadap mitra resmi platform digital sesuai dengan Permenko Nomor 3 Tahun 2020.

Dalam Permenko Nomor 3 Tahun 2020 Pasal 47 Ayat (3) sudah disebutkan ada syarat-syarat bagi platform digital untuk menjadi mitra, termasuk di antaranya memiliki cakupan layanan minimal berskala nasional, memiliki sistem informasi dan teknologi yang memadai dan dapat mendukung Program Kartu Prakerja, memiliki portal, situs atau aplikasi daring melalui internet yang digunakan untuk fasilitasi Program Kartu Prakerja, serta memiliki kerja sama dengan Lembaga Pelatihan yang memiliki program pelatihan berbasis Kompetensi Kerja.

Untuk program Kartu Prakerja, semua mitra dapat ikut selama lolos verifikasi sesuai dengan Permenko Nomor 3 Tahun 2020, baik sebagai mitra platform digital maupun mitra lembaga pelatihan. Saat ini, ada 192 lembaga pelatihan yang menawarkan ribuan kelas. Jumlah mitra platform, lembaga pelatihan, dan kelas telah dan dapat terus bertambah.

Hal ini berbeda dari proses pengadaan/tender pada umumnya, di mana pemerintah sudah memiliki anggaran tertentu dan hendak memilih satu pemenang dari banyak proposal peserta tender berdasarkan kriteria penilaian tertentu. Menurut Manajemen Pelaksana Prakerja, sistem dari Prakerja adalah menyediakan “prasmanan” kelas-kelas yang sesuai dengan kriteria Manajemen Pelaksana (PMO) dan pengambilan keputusan terakhir pembelian kelas berada di tangan pemegang kartu Prakerja.

Kesimpulan: Pemilihan penyedia layanan pelatihan untuk Kartu Prakerja sudah melalui proses yang benar sesuai dengan konteks mekanisme program dan sejalan pula dengan Permenko Nomor 3 Tahun 2020, yaitu melalui proses verifikasi.

Referensi:

4. Apakah ada konflik kepentingan dalam pemilihan Skill Academy sebagai Mitra Kartu Prakerja?

Tidak ada konflik kepentingan yang terjadi antara Belva Devara sebagai Staf Khusus Presiden dan proses diskusi maupun eksekusi Program Kartu Prakerja. Belva tidak pernah mengikuti dan terlibat dalam proses komunikasi antara pemerintah dan Skill Academy by Ruangguru.

Pihak Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, selaku pengawas jalannya program Kartu Prakerja, serta Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, juga telah menegaskan kepada publik bahwa tidak ada konflik kepentingan aktual yang terjadi dalam proses tersebut.

Ruangguru sebagai perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Indonesia telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh program Kartu Prakerja untuk menjadi mitra penyedia layanan pelatihan.

Kesimpulan: Tidak ada konflik kepentingan antara Belva Devara dengan program tersebut. Meski demikian, Belva Devara telah mengundurkan dari posisinya sebagai Staf Khusus Presiden untuk menghindari asumsi/persepsi publik serta menjaga integritas pribadi dan Ruangguru ke depannya.

Referensi:

5. Bagaimana Ruangguru mampu lolos dalam proses verifikasi program Kartu Prakerja? Adakah kaitannya dengan Direktur Utama Ruangguru yang saat itu menjadi Staf Khusus Presiden?

Ruangguru sudah berkarya selama 6 tahun. Saat ini, sebagai platform belajar, Ruangguru sudah digunakan oleh lebih dari 17 juta pengguna – dan sudah beroperasi juga Vietnam dan Thailand. Aplikasi Ruangguru sudah diunduh lebih dari 10 juta kali dengan rating 4,7 dari 500.000+ review. Skill Academy sendiri sudah diluncurkan sejak tahun 2019, sebagai bagian dari visi Ruangguru untuk mendukung pembelajaran seumur hidup. Sejak dirilis, sudah lebih dari 1 juta orang  belajar dari ratusan kelas yang tersedia. Ini semua menjadikan Ruangguru sebagai platform pendidikan terbesar di Asia Tenggara saat ini.

Pihak Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja melakukan verifikasi terhadap platform Skill Academy by Ruangguru, termasuk juga melakukan kurasi terhadap kelas-kelas yang terdapat di dalamnya. Penilaian dilakukan terhadap materi dan tingkat kesulitan dalam penyelesaian kelas. Saat proses kurasi kelas, juga terdapat beberapa kelas Skill Academy yang belum lolos kurasi dikarenakan materi atau topik yang ada dirasa belum sesuai dengan kebutuhan atau sasaran Kartu Prakerja saat ini. Oleh karena itu, pihak Ruangguru tidak dapat menampilkan kelas-kelas tersebut sebagai kelas yang dapat dipilih oleh pemegang Kartu Prakerja.

Begitu pula dengan proses yang harus dilalui oleh mitra lembaga pelatihan lainnya. Dengan demikian, baik hasil verifikasi sebagai mitra platform dan/atau mitra lembaga pelatihan maupun kurasi kelas tidak ada kaitannya dengan Direktur Utama Ruangguru, dan hanya pihak pelaksana Program Kartu Prakerja yang memiliki keputusan tersebut.

Kesimpulan: Hasil verifikasi sepenuhnya ada di tangan pihak pelaksana Program Kartu Prakerja dan Ruangguru yang telah mengikuti proses yang sama dengan mitra lainnya.

Referensi:

 

Tentang Kepemilikan Ruangguru

1. Apakah benar Ruangguru perusahaan milik Singapura?

Tidak benar. 

Pemegang saham terbesar dari Ruangguru sampai saat ini adalah para pendirinya yaitu Belva Devara dan Iman Usman, warga negara Indonesia dan keduanya memiliki kendali penuh terhadap Ruangguru. Tidak ada investor lain yang memiliki saham lebih besar dari keduanya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semua investor lain bersifat minoritas. Setiap putaran pendanaan selama ini juga telah diumumkan kepada publik oleh pihak Ruangguru.

Mengenai adanya entitas bisnis di Singapura, hal tersebut benar. Selain itu, Ruangguru juga memiliki bisnis dan operasi usaha di Thailand dan Vietnam. Ruangguru memiliki ratusan pegawai di seluruh negara tersebut, dengan tentunya pegawai yang paling banyak ada di Indonesia yakni sekitar 4.000 pegawai.

Di Indonesia kami beroperasi melalui PT Ruang Raya Indonesia. PT tersebut adalah entitas yang ada di Indonesia yang memiliki merek Ruangguru dan kami membayar seluruh kewajiban pajak kami kepada Pemerintah Republik Indonesia.

Kesimpulan: Belva Devara dan Iman Usman adalah warga negara Indonesia yang memiliki saham terbesar Ruangguru yang beroperasi di empat negara dan mempunyai kontrol serta kendali sepenuhnya terhadap Ruangguru.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Kartu Prakerja

Tentang Pelatihan yang Ditawarkan oleh Skill Academy 

1. Mengapa semua pelatihan Kartu Prakerja dilakukan secara online? Apakah akan ada yang offline?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pemerintah merancang program pelatihan Kartu Prakerja untuk online dan offline. Namun, selama masa pandemi, pemerintah memberikan imbauan untuk sementara mengalihkan kegiatan pelatihan secara online seluruhnya. Setelah masa pandemi berakhir, peserta Kartu Prakerja dapat mengikuti pelatihan offline.

Nantinya, pelatihan offline dapat dilakukan melalui Balai Latihan Kerja (BLK), Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP), atau lembaga-lembaga lainnya yang sudah memenuhi persyaratan. Skill Academy juga sudah mempersiapkan dan mengkurasi pelatihan dalam bentuk offline.

Kesimpulan: Merujuk kepada pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Airlangga Hartarto, selama masa pandemi maka program Kartu Prakerja akan memprioritaskan pelatihan online. Pelatihan offline akan dilaksanakan setelah masa pandemi berakhir.

Referensi:

2. Apakah materi pelatihan di Skill Academy sama seperti yang ada di YouTube?

Tidak. Terdapat berbagai macam perbedaan antara materi di platform Skill Academy dan YouTube.

– Sistem belajar dengan silabus

Setiap orang dapat menemukan materi di YouTube. Namun, tidak semua orang dapat mengetahui apa saja materi yang harus dipelajari untuk menguasai ilmu tertentu. Oleh karena itu, Ruangguru atau setiap lembaga pendidikan manapun harus memiliki silabus atau rencana pembelajaran. Tujuannya, agar pembelajaran dapat berjalan efektif.

– Sistem evaluasi

Kedua, di Skill Academy terdapat sistem evaluasi yang dapat dimanfaatkan peserta guna mengetahui apakah materi yang mereka terima dapat dipahami dan mampu diterapkan. Fungsi assessment (penilaian) tersebut juga menjadi salah satu syarat untuk menjadi mitra digital pada program Kartu Prakerja. Selain itu, sebagai mitra digital, Skill Academy juga harus memberikan sertifikat setelah peserta menyelesaikan keseluruhan materi. Sistem penilaian ini tidak ada di YouTube.

– Variasi materi dan kompetensi

Ketiga, secara materi, platform Skill Academy memuat berbagai jenis materi. Ada materi pengembangan diri, bahasa asing, marketing, dan lain-lain. Seluruh kelas pelatihan pun diajarkan oleh pakar yang ahli di bidangnya. Misalnya, materi SEO diajarkan oleh praktisi sekaligus Product Manager Traveloka, materi Content Marketing oleh Managing Editor Gojek, atau materi Public Speaking oleh Public Speaker profesional. Dengan demikian, semua materi telah melalui proses kurasi, riset, dan produksi video dalam pembuatan materi pelatihan.

3. Apa saja kelas-kelas di Skill Academy bagi peserta Kartu Prakerja? Berapa rentang harganya?

Skill Academy menyediakan kelas yang sudah disesuaikan untuk berbagai kebutuhan, termasuk untuk pengguna Kartu Prakerja, misalnya, kelas Desain Grafis, Pemrograman Aplikasi Android, Bahasa Inggris, Perancangan Produk Digital, Perencanaan Keuangan, Beriklan di Internet, Copywriting, dan masih banyak lagi.

Khusus untuk kelas-kelas berlabelkan Prakerja, kelas-kelas tersebut juga telah melalui proses kurasi pemerintah.

Kelas-kelas di Skill Academy diajar oleh berbagai pengajar dengan reputasi yang sangat baik di bidangnya dan berasal dari pimpinan dan manajemen senior berbagai perusahaan dan lembaga bergengsi di Indonesia, misalnya OVO, Traveloka, Gojek, NET TV, Kata.ai, dan masih banyak lagi.

Rentang harga yang ditawarkan Skill Academy untuk program Kartu Prakerja juga bervariasi, mulai dari Rp77.000,00 sampai Rp350.000,00 untuk kelas satuan. Jika dibandingkan dengan lembaga penyedia latihan lainnya, harga kelas-kelas di Skill Academy relatif lebih murah dan juga lebih lengkap.

Selain kelas satuan, terdapat juga paket kelas kombo (bundle) yang terdiri dari 5-8 kelas dalam bidang atau topik yang serupa. Kelas kombo ini sekilas mempunyai harga lebih mahal. Namun, jika dihitung, kumpulan kelas tersebut dapat diperoleh harga yang lebih terjangkau dibandingkan membeli kelas satuan. Kelas kombo ini dibuat untuk memudahkan peserta Prakerja yang bingung mengombinasikan pilihan kelasnya.

Selain kelas yang dibuat oleh Skill Academy, tersedia juga berbagai kelas lainnya yang dilakukan oleh lembaga mitra, seperti English Today (ET), G2 Academy, Daily Meaning People Development Consultant, Andaf Talent, dan masih banyak lagi.

4. Tanggapan pernyataan Sdr. Agustinus mengenai sertifikat pelatihan online   

Skill Academy memonitor 2 (dua) metrik utama: penyelesaian materi dan penguasaan materi, dan oleh karena itu menerbitkan 2 (dua) jenis sertifikat: sertifikat “Completion” (penyelesaian materi) dan sertifikat “Excellence” (Penguasaan materi).

– Untuk memperoleh sertifikat Completion, peserta harus menyelesaikan seluruh rangkaian video (minimum 80% dari durasi setiap video) dan materi lain termasuk kuis dan materi teks, secara komplit.

– Untuk memperoleh sertifikat Excellence, peserta harus mengikuti ujian akhir dan lulus ujian tersebut di atas passing grade yang sudah ditentukan.

– Sertifikat yang kami berikan ditandatangani oleh perwakilan lembaga, dalam hal ini oleh CEO Ruangguru, sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja dan juga dilakukan oleh hampir semua Mitra Kartu Prakerja

– Sertifikat yang diterbitkan oleh Skill Academy adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga swasta sebagai tanda partisipasi atau penguasaan materi silabus kelas terkait, dan tidak dimaksudkan untuk mensertifikasi profesi. Hal ini sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja.

Ketika menulis artikel tersebut, Sdr. Agustinus hanya menunjukkan Certificate of Excellence, karena yang bersangkutan telah menyelesaikan ujian akhir, bukan Certificate of Completion karena belum melengkapi seluruh materi yang ada.

Skill Academy selalu melaporkan status keikutsertaan peserta beserta nilai yang diperoleh dari ujian setiap harinya ke Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Sistem dan mekanisme serupa juga dilakukan oleh banyak platform Mitra Prakerja lainnya.

5. Tanggapan mengenai instruktur kelas jurnalistik atas nama Prita

Terkait mekanisme kerja sama dengan pengajar, itu bervariasi bentuknya. Dalam konteks kerja sama dengan Sdri. Prita, kerja sama sudah dilakukan sejak 2019, di mana hak cipta dan penggunaan berada di pihak Skill Academy sepenuhnya. Hal tersebut sudah disepakati sejak awal kerja sama oleh kedua belah pihak dengan kontrak tertulis.

Namun, kami juga berusaha memahami atensi publik yang mungkin dilalui oleh Sdri. Prita, dan permintaannya untuk menarik kelas tersebut. Kami memutuskan bahwa kelas tersebut tidak akan ditawarkan untuk peserta Kartu Prakerja mulai dari tanggal 2 Mei 2020.

Tentang Pengunduran Diri Belva Devara Sebagai Staf Khusus Presiden 

1. Keputusan Belva Devara mengundurkan diri dari Staf Khusus Presiden Republik Indonesia adalah murni untuk menghilangkan adanya asumsi/persepsi atas konflik kepentingan setelah perusahaan yang ia miliki, Ruangguru, menjadi salah satu mitra digital resmi dalam program Kartu Prakerja.

2. Tidak ada konflik kepentingan secara aktual yang terjadi antara Belva Devara sebagai Staf Khusus Presiden selama proses diskusi maupun eksekusi program Kartu Prakerja. Hal ini disebabkan, Belva sama sekali tidak mengikuti ataupun terlibat dalam komunikasi antara pemerintah dan Skill Academy. Perlu diketahui bahwa Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, selaku pengawas berjalannya program Kartu Prakerja, serta Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, juga sudah menekankan bahwa tidak ada konflik kepentingan aktual yang terjadi dalam proses tersebut.

3. Belva Devara tetap menjadi Direktur Utama Ruangguru selama ia menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Republik Indonesia karena hal tersebut adalah yang diminta oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Sebelumnya, Belva juga sudah memastikan dengan pihak Istana apakah ia perlu mundur dari jabatannya sebagai Direktur Utama Ruangguru. Pihak Istana mengatakan tidak ada aturan yang melarang adanya rangkap jabatan sebab Staf Khusus Presiden tidak menjalankan fungsi pengambilan keputusan, tetapi sebatas memberikan masukan-masukan sebagaimana diperlukan. 

Baca juga: Ikut Pelatihan Online untuk Prakerja, Apa Saja Keuntungannya?

Nah, sudah terjawab kan bagaiamana keterlibatan Ruangguru dalam Program Kartu Prakerja. Jika Anda masih penasaran dan ingin mengikuti kelas Skill Academy dengan menggunakan Kartu Prakerja, silakan mengeklik gambar di bawah ini, ya

CTA skill academy