Gelombang 11 Resmi Dibuka, Siapkan Diri Anda untuk Ikuti Pendaftarannya!

1 min read

Setelah menunggu ketidakpastian dibukanya gelombang 11 Kartu Prakerja, akhirnya hari ini Kartu Prakerja Gelombang 11 Resmi dibuka. Dilansir dari Kompas.com, pada gelombang 11, kuota yang disediakan adalah sebanyak 400.000 orang. Gelombang 11 merupakan gelombang tambahan yang dibuka oleh Komite Cipta Kerja karena melihat tingginya antusias masyarakat.

Jika Anda sudah pernah mengikuti seleksi kartu prakerja sebelumnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah login melalui laman prakerja, kemudian lakukan verifikasi data dan klik “gabung” pada gelombang yang terbuka.

Bagi kamu yang baru akan mengikuti pendaftaran kartu prakerja, berikut adalah hal yang perlu Anda persiapkan. Simak ya!

 Siapkan berkas pendaftaran

Pendaftaran kartu prakerja dilakukan di laman prakerja.go.id. Setelah membuka halaman tersebut Anda akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran. Gunakan email dengan nama yang sederhana agar Anda tidak dianggap sebagai robot. Setelah itu Anda akan diminta untuk mengisi No KK dan juga NIK Anda serta data diri lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa syarat peserta melakukan selfie dalam proses pendaftaran telah dihapuskan.

Menyiapkan berkas membantu Anda untuk tidak berlama-lama di halaman pendaftaran. Karena banyaknya orang yang mengakses website prakerja.go.id, sangat mungkin website mengalami down atau server penuh. Terlebih lagi gelombang 11 mungkin menjadi gelombang penutup, antusias pendaftar tentu akan lebih besar. Pastikan Anda melakukan pengecekan kebenaran data yang telah diisi sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

(Sumber: freepik.com)

Latihan soal dan siapkan kertas dan alat tulis

Setelah melakukan pendaftaran, Anda harus mengikuti tes kemampuan dasar dan juga motivasi selama 15 menit. Tes ini merupakan salah satu syarat agar dapat lolos kartu prakerja. Untuk meningkatkan peluang Anda, ada baiknya Anda melakukan latihan menjawab soal tes kemampuan dasar dan motivasi. Selain itu Anda perlu menyiapkan kertas dan alat tulis untuk membantu Anda mengerjakan soal hitungan.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Contoh Soal Motivasi dan Kemampuan Dasar saat Daftar Kartu Prakerja

Siapkan perangkat dan koneksi internet

Bagi Anda yang melakukan pendaftaran secara online, Anda perlu menyiapkan koneksi internet yang stabil dan juga perangkat yang kompatibel. Anda dapat menggunakan WiFi atau menyiapkan thetering atau hotspot jika tiba-tiba koneksi WiFi Anda mengalami gangguan.

Karena laman prakerja.go.id diakses oleh banyak orang, Anda dapat mencoba melakukan pendaftaran di malam hari. Laman prakerja.go.id dapat diakses 24 jam, jika Anda melakukan pendaftaran di malam hari, Anda dapat menghindari server penuh atau website down.

(Sumber: pexels.com)

Pendaftaran Kartu Prakerja kini dapat dilakukan secara online melalui website prakerja.go.id dan offline melalui Kementerian Ketenagakerjaan, pemerintah daerah atau Dinas Ketenagakerjaan baik secara individu maupun kolektif.

Itulah persiapan yang perlu Anda lakukan untuk mengikuti pendaftaran kartu prakerja gelombang 11. Siapkan diri Anda karena ini merupakan gelombang terakhir sehingga sangat mungkin jumlah peserta yang mendaftar akan lebih banyak dari gelombang-gelombang selanjutnya. Jika Anda lolos, jangan lupa untuk melihat video bagaimana cara membeli kelas di Skill Academy.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ingin Anda ikuti, klik CTA di bawah ini ya. Semoga beruntung!

CTA skill academy