Ide Bisnis Rumahan Bermodal Minim buat Nambah Penghasilan

1 min read

Akibat pandemi Covid-19, banyak pekerja atau pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan. Dilansir dari kompas.com, sebanyak 84% masyarakat menyatakan bahwa mengalami pendapatan selama pandemi. Anda harus berpikir kreatif dan jeli melihat peluang usaha dengan modal kecil yang menghasilkan keuntungan untuk menambah penghasilan Anda.

Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah memulai bisnis rumahan. Bisnis rumahan adalah jenis usaha atau bisnis apapun yang dilakukan dari rumah pemilik bisnis. Karena dapat dilakukan di rumah, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat. Yuk, simak beberapa ide bisnis rumahan dengan modal minim yang bisa menambah penghasilan Anda!

Laundry kiloan

Laundry adalah salah satu usaha yang selalu memiliki peluang terutama di kota besar dengan mobilitas yang tinggi dan aktivitas yang sibuk. Pekerja kantoran yang banyak menghabiskan waktu karena pekerjaan biasanya lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry agar tetap dapat menggunakan pakaian bersih dan rapi. Untuk meningkatkan jumlah pengguna jasa, Anda dapat menawarkan jasa antar-jemput untuk laundry Anda.

(Sumber: giphy.com)

Berjualan makanan atau camilan

Makanan adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Anda dapat berjualan makanan berat dengan membuka warung makan di rumah dengan pilihan menu masakan rumahan atau membuka jasa katering. Anda juga dapat berjualan makanan ringan atau camilan seperti kue basah, dessert box, keripik, dan lain sebagainya. Dalam menjual camilan, Anda dapat menggunakan sistem pre-order dimana Anda membuat produk sesuai jumlah pesanan yang diminta. Ini dapat membantu Anda untuk menyesuaikan modal dengan permintaan dan menghindari sisa produk tidak terjual. Untuk langkah awal, Anda dapat mempromosikan hasil masakan Anda kepada orang-orang terdekat untuk menarik calon pembeli baru.

(Sumber: freepik.com)

Baca juga: Butuh Pemasukan Tambahan, Ini Tips Mulai Bisnis selama Pandemi

Usaha cuci motor

Sepeda motor adalah kendaraan yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berdasarkan data BPS pada tahun 2018 jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 120 juta unit. Melihat data ini tentu usaha cuci motor dapat menjadi peluang bisnis.

Pengguna sepeda motor biasanya memilih untuk mencuci kendaraan mereka pada jasa cuci motor karena berbagai alasan seperti sibuk, tidak bisa, atau sedang tidak ingin untuk mencuci sendiri. Bisnis yang satu ini dapat Anda lakukan di rumah Anda dengan perlengkapan dan modal yang tidak terlalu banyak.

(Sumber: freepik.com)

Setelah mendapatkan ide untuk memulai suatu usaha atau bisnis, Anda juga harus memiliki strategi berjualan, membuat konten promosi, dan tips-tips bisnis lainnya yang dapat menunjang keberhasilan bisnis yang sedang Anda rintis. Anda dapat mengikuti berbagai kelas yang berhubungan dengan bisnis dari Skill Academy dengan kategori Bisnis dan Keuangan.

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan bisnis lainnya, silakan klik CTA di bawah ini. Selamat belajar!

CTA skill academy