Ikuti Tips Berikut Agar LinkedIn Anda Terlihat Lebih Profesional!

1 min read

LinkedIn adalah jaringan profesional terbesar di dunia internet. Dengan menggunakan LinkedIn, Anda bisa mencari dan menemukan pekerjaan atau magang yang tepat. Selain itu, LinkedIn juga menghubungkan Anda dengan profesional lainnya dan mendapatkan informasi-informasi menarik yang dibagikan di timeline Anda.

LinkedIn juga merupakan sosial media. Kebanyakan HRD biasanya melakukan screening sosial media calon karyawan sebelum direkrut, termasuk LinkedIn. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membangun profil LinkedIn Anda agar terlihat lebih profesional. Simak tips berikut ya!

1. Memasukkan banyak pengalaman

Apabila Anda memiliki banyak pengalaman, jangan ragu untuk mencantumkannya pada profil LinkedIn Anda. Baik pengalaman kerja, magang, part-time, kegiatan volunteer, pengalaman organisasi, dan pengalaman lainnya. Selain menuliskan pengalaman, Anda juga perlu memberikan deskripsi singkat mengenai peran, tugas, dan pencapaian yang Anda lakukan dalam pengalaman-pengalaman tersebut.

Selain mencantumkan pengalaman, Anda juga dapat mencantumkan sertifikat mengenai skill atau bahasa tertentu yang Anda miliki. Dengan mengikuti kelas dari Skill Academy, selain mengembangkan skill, Anda juga akan memperoleh sertifikat yang dapat Anda cantumkan pada profil LinkedIn Anda.

Baca juga: Inilah Beberapa Alasan Mengapa Skor TOEFL Penting Untuk Dunia Kerja

2. Minta rekomendasi

Anda dapat meminta rekomentasi dari atasan, rekan kerja atau klien yang pernah bekerja sama dengan Anda untuk dapat dicantumkan di profil LinkedIn Anda. Tujuan dari rekomendasi ini adalah menunjukkan kebenaran kualifikasi yang tertera dalam LinkedIn Anda. Mendapatkan rekomendasi dapat membuat recruiter untuk lebih mempertimbangkan Anda.

(Sumber: freepik.com)

3. Tunjukkan siapa diri Anda

Anda dapat memaksimalkan kolom about pada LinkedIn untuk menjelaskan siapa diri Anda. Anda dapat menuliskan ringkasan mengenai pengalaman kerja, kualifikasi, dan ketertarikan Anda pada kolom about. Melalui kolom ini, Anda dapat membangun personal branding Anda sendiri.

Apabila Anda belum mengetahui bagaimana cara membangun personal branding, Anda dapat mengikuti kelas Bangun Personal Branding Mulai dari Sekarang dari Skill Academy. Dalam kelas ini, akan dibahas 4 hal utama dalam membangun personal branding. Kelas ini akan dipandu oleh Bryan Gunawan, Communication & Leadership Coach.

4. Gunakan foto profil yang sesuai

Karena LinkedIn merupakan sosial media profesional, maka Anda perlu memperhatikan penggunaan foto profil Anda. Foto profil dapat mempengaruhi kesan pertama bagi siapapun yang mengunjungi profil LinkedIn Anda. Anda dapat menggunakan foto yang memperlihatkan wajah Anda secara jelas seperti foto wisuda, foto ijazah, atau foto-foto lainnya yang menunjukkan wajah Anda secara jelas.

(Sumber: freepik.com)

5. Lengkapi seluruh kolom section yang ada

Anda dapat melamar pekerjaan melalui LinkedIn. Saat melamar pekerjaan, tentu Anda memerlukan CV, LinkedIn kini juga berfungsi sebagai CV digital. Selayaknya CV pada umumnya, Anda perlu mengisi seluruh informasi yang diperlukan. Melengkapi seluruh kolom section yang ada pada LinkedIn dapat membantu recruiter untuk lebih mudah mendapatkan informasi lengkap melalui screening LinkedIn Anda.

(Sumber: giphy.com)

Itulah beberapa tips untuk membuat tampilan profil LinkedIn Anda terlihat lebih profesional. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas-kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy