Ingin Mencari Pekerjaan melalui Virtual Job Fair, Berikut Tipsnya!

1 min read

Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya perubahan kebiasaan. Aktivitas yang dulunya dapat dilakukan secara luring kini beralih menjadi daring. Terutama kegiatan berskala besar yang dihadiri banyak orang, salah satunya adalah job fair. Oleh karena itu, kini job fair dilaksanakan secara daring untuk menghindari kerumunan banyak orang. Job fair yang dilaksanakan secara daring sering disebut dengan virtual job fair.

Virtual job fair adalah sebuah event daring yang mempertemukan recruiter dan jobseeker dalam sebuah bursa kerja online. Dalam job fair, biasanya terdapat stan perusahaan yang membuka lowongan kerja dan dapat dikunjungi oleh jobseeker. Vitual job fair mempunyai fungsi yang sama dengan job fair konvensional, namun karena dilaksanakan secara daring, maka terdapat sedikit perbedaan persiapan yang perlu Anda perhatikan.

Anda ingin mengikuti virtual job fair? Simak beberapa tips berikut ini ya!

Cari tahu informasi virtual job fair yang akan Anda ikuti

Sebelum mengikuti virtual job fair, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar virtual job fair yang akan Anda ikuti. Anda perlu memperhatikan platform atau website yang  digunakan dan mempelajari platform tersebut. Anda juga perlu melihat apakah virtual job fair menggunakan aplikasi yang perlu Anda unduh terlebih dahulu pada perangkat Anda. Selanjutnya, perhatikan juga perusahaan apa saja yang mengikuti job fair tersebut sehingga Anda dapat menyesuaikan CV Anda. Dan jangan lupa untuk memperhatikan tanggal dan waktu pelaksanaan virtual job fair agar tidak terlewat oleh Anda.

(Sumber: giphy.com)

Siapkan CV anda

Mempersiapkan CV adalah hal penting yang perlu Anda lakukan sebelum melamar pekerjaan. Setelah mengetahui perusahaan apa saja yang mengikuiti virtual job fair, Anda dapat menyiapkan beberapa CV yang bisa Anda sesuaikan dengan perusahaan dan posisi yang akan Anda lamar. Virtual job fair merupakan kesempatan baik bagi Anda karena Anda dapat melamar banyak pekerjaan yang Anda inginkan selama job fair dilaksanakan.

Dilansir dari glassdor.com, pada tahap seleksi CV hanya 2% yang lolos, maka Anda harus menyiapkan CV dengan baik, pastikan Anda memasukkan data terbaru Anda dan tidak ada kesalahan penulisan. Selain itu Anda juga dapat mengikuti kelas bedah CV.

Baca juga: Jenis-Jenis Profesi yang Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi Covid-19

Siapkan perangkat dan koneksi internet anda

Pasti Anda ingin mengikuti virtual job fair dengan lancar dan tanpa kendala. Karena virtual job fair dilakukan secara daring, maka perlu bagi Anda untuk memastikan bahwa perangkat yang Anda gunakan seperti smartphone, PC, atau laptop Anda dalam kondisi baik dan nyaman untuk digunakan. Selain itu Anda juga perlu memastikan bahwa koneksi internet Anda stabil dan tidak mengalami gangguan.

(Sumber: pexels.com)

Itulah tips untuk mengikuti virtual job fair, semoga dapat menambah insight Anda. Sebelum mengikuti job fair, anda dapat mengikuti kelas dari Skill Academy untuk menambah skill anda serta mempersiapkan CV anda dengan baik. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai skill academy, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy