Ingin Menjadi Freelancer? Inilah Beberapa Hal yang Wajib Diketahui

2 min read

Tips jadi freelancer

Mempunyai jam kerja fleksibel, independen, dan bisa bekerja dari dimana saja, menjadikan freelancer menjadi pekerjaan yang menarik. Sering dianggap sebagai pekerjaan yang kurang stabil, namun justru saat ini menjadi freelancer menjadi daya tarik bagi kebanyakan orang. Dilansir melalui data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2019, dari 129,36 juta pekerja di Indonesia, freelancer mengambil porsi 4,55% atau berjumlah sekitar 5,89 juta orang. 

Peluang menjadi seorang freelancer pun tidak usah diragukan lagi. Menurut Indeed, gaji rata-rata freelancer bisa mencapai lebih dari 4 juta setiap bulannya, dan sekitar 9% freelancer memperoleh lebih dari rata-rata nasional. Wow, angka yang sangat menarik bukan?

Nah, Apakah Anda tertarik juga untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang freelancer? Bagi Anda yang berminat, Anda sebaiknya mengetahui beberapa hal-hal yang harus diperhatikan untuk menjadi freelancer seperti berikut ini. 

Baca juga: Memilih Pekerjaan di Bidang yang Baru, Mungkin Nggak sih?

Kontrak Kerja

Meskipun Anda bekerja sebagai freelancer, jangan lupakan kontrak kerja antara Anda dan klien. Karena sebenarnya freelancer tidak memiliki badan hukum yang menaungi, dan satu-satunya yang dapat melindungi Anda adalah sebuah kontrak kerja yang telah disepakati. Selain itu, kontrak kerja juga berguna untuk menghindari miskomunikasi dan pemenuhan hak dan kewajiban Anda selama bekerja. 

Adapun yang harus Anda perhatikan saat menerima kontrak kerja adalah jumlah dan detail pembayaran, cakupan pekerjaan, kepemilikan hasil kerja, deadline, revisi, dan pemutusan hubungan kerja mendadak.

(Sumber: Pexels.com)

Baca juga: Baru Akan Memasuki Dunia Kerja? Ini Dia Istilah yang Harus Anda Pahami

Waktu dan Target Kerja

Memiliki waktu kerja yang fleksibel terkadang bisa membuat Anda tidak mempunyai jam kerja. Anda mungkin cenderung mengerjakan pekerjaan di waktu-waktu yang Anda inginkan. Sebenarnya ini wajar saja untuk dilakukan, namun ketika Anda mempunyai beberapa project dalam satu bulan mungkin akan kesulitan. Karena pasti akan membuat Anda bekerja overtime, melewatkan akhir pekan, dan jadi lebih mudah terkena stres.

Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan mencatat tanggal masuk dan deadline dari setiap pekerjaan Anda. Ini berguna supaya alur pekerjaan Anda bisa lebih terencana dan bisa membagi waktu antara bekerja dan istirahat.

(Sumber: Pexels.com)

Masa Pasang dan Surut

Berbeda dengan pekerja kantoran, menjadi freelancer tidak dapat mematok gaji pasti. Dalam satu bulan, bisa saja Anda mendapatkan bayaran berkali-kali atau bisa juga tidak sama sekali. Ini dikarenakan, pekerjaan freelancer didasarkan pada jumlah project yang Anda terima. Apabila Anda mendapatkan banyak project, maka income yang Anda dapatkan akan melimpah, dan begitu pula sebaliknya. Inilah yang dimaksud dengan masa pasang dan surut. 

Untuk itu, ketika menjadi seorang freelancer, mempunyai keahlian mengelola keuangan merupakan hal penting. Meskipun ini bisa Anda pelajari melalui pengalaman pribadi, tapi lebih baik Anda pelajari langsung dari orang yang sudah berpengalaman. Salah satunya dengan melalui kelas Perencanaan Keuangan untuk Pekerja Harian Lepas. Dibimbing langsung oleh Arman Wiratmoko, ia akan mengajarkan Anda cara mengatur keuangan harian, bulanan, bahkan tahunan. Tidak hanya itu, ia juga akan berbagi bagaimana cara mengatur cicilan dan keuangan masa depan seperti menabung, investasi, dan asuransi. 

Cuplikan Video Kelas Perencanaan Keuangan untuk Pekerja Harian Lepas

Baca juga: 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Menjadi freelancer memang sedang digandrungi sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Namun, tetap saja dalam setiap pekerjaan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dan merugikan diri Anda ya. 3 hal tadi bisa dijadikan bekal sebelum Anda memulai karier sebagai freelancer. Selain itu, Anda juga bisa membekali diri dengan menambah berbagai keahlian melalui kelas-kelas di Skill Academy. Kilik CTA di bawah untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

Skill Academy Prakerja