Inilah Skill IT yang Dibutuhkan Perusahaan Tahun 2021

1 min read

Teknologi informasi dan komunikasi tidak hanya memberikan kemudahan kepada individu tetapi juga memiliki peran penting dalam dunia bisnis. Beberapa contoh kemudahan yang diberikan teknologi dalam bisnis adalah dengan munculnya virtual meeting, webinar, e-commerce, e-wallet, e-learning, e-payment, dan lain sebagainya. Beberapa sistem mulai beralih dari tradisional menuju ekosistem digital.

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan sesuatu yang terus berkembang. Anda juga perlu mengikuti perkembangan keterampilan yang diperlukan dalam dunia teknologi agar tidak tertinggal. Berikut beberapa keterampilan di bidang teknologi yang semakin dibutuhkan perusahaan pada tahun 2021:

1. Cybersecurity

Data perusahaan merupakan aset berharga yang harus dilindungi kerahasiaannya agar tidak mengalami kebocoran. Cybersecurity bertugas untuk melindungi informasi dari serangan siber yang berusaha mengganggu kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi. Dilansir dari forbes.com, tenaga keamanan siber perlu tumbuh sebesar 145% untuk memenuhi kebutuhan saat ini. Selain itu, diperkirakan akan ada 3,5 juta pekerjaan keamanan siber belum terpenui pada tahun 2021.

Apabila Anda memiliki atau mempelajari keterampilan ini, Anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini.

(Sumber: giphy.com)

2. Machine Learning & Artificial Intelligence (AI)

Selanjutnya adalah Machine Learning dan Artificial Intelligence (AI), gabungan kedua skill ini merupakan cara memberi tahu komputer cara untuk menggunakan semua data yang ada untuk menjalankan tugas dengan lebih efisien. Dilansir dari blockwew.com, diperkirakan akan ada peningkatan sebesar 69% permintaan spesialis dalam bidang ini.

Keterampilan yang perlu Anda miliki di bidang ini adalah TensorFlow, Python, Java, R, dan Natural Language Processing. Skill Academy mengadakan kelas pelatihan Pengenalan AI untuk Bisnis yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan keterampilan Anda dan siap bersaing pada tahun 2021.

(Sumber: pexels.com)

3. Cloud Computing

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang beralih dari infrastruktur server tradisional ke teknologi cloud. Teknologi cloud memberikan manfaat bagi perusahaan seperti, memudahkan pengguna untuk menyimpan data di satu server sesuai layanan yang disediakan Cloud, keamanan data lebih terjamin, dan lebih murah. Karena semakin banyak perusahaan yang beralih ke teknologi cloud, engagewithus.com memperkirakan bahwa permintaan pekerjaan di bidang ini akan terus meningkat.

(Sumber: freepik.com)

4. Data Science

Dilansir dari datarobot.com, Data Science merupakan bidang yang menggabungkan keahlian domain, pemrograman, matematika dan statistika untuk mendapatkan informasi dari data. Data Science memiliki peran penting dalam suatu perusahaan, karena apabila perusahaan tidak dapat mengelola data secara benar, dapat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan strategi yang akan digunakan.

Apabila Anda ingin belajar menjadi seorang Data Scientist, Anda dapat mengikuti kelas Semua Orang Bisa Menjadi Data Scientist dari Skill Academy. Terdapat banyak pilihan kelas untuk belajar Data Science, Anda dapat mengunjungi skillacademy.com untuk mengetahui lebih lengkap seputar pilihan kelas yang ada.

5. Development

Seorang Developer bertugas untuk merancang, memasang, menguji dan memelihana sistem yang sesuai untuk web, aplikasi, dan perangkat lunak. Banyak perusahaan yang kini beralih menuju ekosistem digital. Perusahaan memiliki web, aplikasi, dan perangkat lunak yang perlu terus dikembangkan agar mampu bersaing dengan kompetitor dan membuat pengguna semakin nyaman dalam menggunakan web atau aplikasi.

Tingginya permintaan untuk perangkat lunak dan aplikasi membuat permintaan untuk seorang Developer juga semakin banyak.

(Sumber: pexels.com)

Itulah beberapa skill IT yang semakin dibutuhkan oleh perusahaan pada tahun 2021. Kembangkan terus skill yang Anda miliki dengan mengikuti kelas pelatihan dari Skill Academy. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

Skill Academy Prakerja