Jadi Barista di Coffee Shop? Ini Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui

2 min read

Menjamurnya coffee shop sebagai pilihan usaha yang menjanjikan semakin banyak digeluti oleh masyarakat Indonesia. Banyak pula yang mengadakan pelatihan khusus bagi barista. Berdasarkan riset TOFFIN mengatakan bahwa kedai kopi yang yang tercatat sepanjang tahun 2019 di kota-kota besar hampir mencapai 3.000 gerai. Tentunya, tren kedai kopi ini tetap terus tumbuh sepanjang tahunnya. 

Dengan meningkatnya kedai kopi, tentu seorang barista menjadi sosok yang dicari-cari sebagai peracik kopi.  Bagi Anda yang berniat menjadi barista profesional,   apa sudah memerhatikan hal-hal penting mengenai barista di coffee shop? Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum terjun menjadi barista.

Belajar tentang Seed to Cup

Kelas Barista di Skill Academy

(Sumber foto: Pexels.com)

Barista dapat dikatakan sebagai ujung tombak dalam bisnis coffee shop. Apabila barista dengan lihai memilih biji kopi dan menyajikannya dalam secangkir gelas dengan baik, tentu akan menambah nilai plus untuk kedai kopi tersebut. Maka dari itu, seorang barista perlulah memahami dan memiliki wawasan tentang biji kopi. Contohnya memahami seed to cup. Istilah tersebut ialah bagaimana seorang barista bisa memilih biji kopi yang baik untuk sajian kopi tertentu, perbedaan karakter tingkat roasting biji kopi, dan bagaimana cara penyimpanan biji kopi agar tetap segar ketika diseduh, serta masih banyak lagi.

Baca juga: Berbagai Profesi Menjanjikan, Mempelajari Bidang Audio Dapat Menjadi Pilihan

Mengikuti Pelatihan Barista

Sejak tahun 2016, Bekraf menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi kepada barista untuk mengembangkan profesi barista yang sedang diminati oleh banyak orang. Bagi Anda yang serius ingin berkecimpung dalam dunia barista, tentunya perlulah mengikuti pelatihan terlebih dahulu agar kelayakan Anda tidak dipertanyakan. 

Tak perlu khawatir dengan biaya pelatihan barista yang mahal, karena di Skill Academy, Anda akan mendapatkan fasilitas pelatihan barista seperti pelatihan konvensional lainnya. Anda dapat mengikuti kelas berikut agar mimpi menjadi barista menjadi kenyataan.  Kelas tersebut akan dibimbing oleh Djoko Pamungkas seorang Head Barista Cliq Coffee & Kitchen. Anda tidak hanya diajari cara menyeduhkan kopi, tetapi juga dipandu dalam tahap persiapan, pengelolaan alat dan area kerja. Selengkapnya simak dalam cuplikan berikut.

Cuplikan Video Kelas di Skill Academy

Berlatih dan Mengulang Latihan

Kelas Barista di Skill Academy

(Sumber foto: Pexels.com)

Tidak ada sesuatu yang instan bukan? Begitu pun dengan belajar untuk menjadi barista. Barista yang memerlukan keahlian teknikal tentu tidak dapat terlepas dari latihan yang tekun. Karena untuk menyajikan kopi yang nikmat, tergantung dari bagaimana Anda berlatih dan mengulang latihan. Anda dapat mengulang latihan di rumah atau bahkan di kedai kopi ketika waktu  luang.

Belajar dari Komunitas Barista

Kelas Barista di Skill Academy

(Sumber foto: Pexels.com)

Apabila Anda masih pemula dan ingin menjadi barista, tips ketiga ini juga bisa membantu Anda, yaitu bergabung dengan komunitas barista yang ada di wilayah Anda. Dengan bergabung dan aktif di komunitas barista, pasti kemampuan dan wawasan Anda tentang dunia kopi  akan semakin berkembang. Maka dari itu,  networking menjadi sangat penting apabila Anda ingin memulai sesuatu.

Memiliki Skill Dasar dalam Pelayanan

Kelas Barista di Skill Acedemy

(Sumber foto: Pexels.com)

Keahlian yang dimiliki seorang barista memanglah hal yang utama, tetapi barista pun akan berhubungan langsung dengan pengelola kedai kopi, pegawai lain, dan juga pengunjung. Maka dari itu, seorang barista perlu memiliki kepribadian yang ramah dan dapat diandalkan. Terlebih dengan bekerja di coffee shop yang umumnya ramai pada hari libur dan weekend, seorang barista pun harus siap berada dalam tekanan. Karena hal tersebut menjadi skill dasar yang harus dimiliki oleh seseorang, terutama dalam bisnis yang berkutat di pelayanan.

Baca juga: Intip Tips Sukses Mengembangkan Aplikasi Android bagi Pemula

Maraknya tren coffee shop  bukanlah suatu hal yang aneh. Di tengah banyaknya masyarakat urban yang senang dengan budaya meminum kopi, pastinya bisnis coffee shop pun menjadi pilihan. Bagi Anda yang akan menjadi barista di coffee shop atau bahkan sekaligus menjadi pemilik coffee shop tersebut, tetap perhatikan hal-hal yang penting di atas, ya. Selain itu, untuk meningkatkan skill Anda dalam meracik kopi, mulailah lebih dulu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan barista, contohnya ialah dengan mengikuti kelas di Skill Academy. Klik CTA di bawah untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Selamat belajar dan terus berlatih!

Skill Academy Prakerja