Jenis Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2025

2 min read

World Economic Forum (WEF) memperkirakan pada tahun 2025, sebanyak 85 juta pekerjaan akan mengalami pergeseran dalam pembagian pekerjaan antara manusia dan mesin. Selain itu, sebanyak 50% karyawan perlu mendapatkan pelatihan kemampuan baru akibat adanya peningkatan adopsi teknologi. Anda harus mulai memperbarui keterampilan yang Anda miliki agar mampu mengikuti perubahan yang ada.

Skill Academy merupakan platform pelatihan online yang dapat membantu Anda untuk mempelajari skill baru atau meningkatkan skill yang telah Anda miliki. Mengingat persaingan semakin sulit dan kemajuan teknologi yang sangat pesat, serta adanya kemungkinan tenaga kerja manusia digantikan oleh mesin, maka Anda perlu mempersiapkan diri dari sekarang untuk dapat bersaing dan bertahan di masa kini dan masa depan.

Berikut adalah jenis skill yang paling dibutuhkan tahun 2025, simak agar Anda dapat mempersiapkannya mulai dari sekarang!

Kemampuan problem solving

Kemampuan problem solving telah menjadi top list skill sejak tahun 2016. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat cepat, Anda juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan yang cepat, termasuk dengan masalah. Anda harus dapat menyesuaikan diri dengan perubahan masalah yang mungkin terjadi dalam perusahaan dengan cepat.

Dalam kemampuan ini, Anda dituntut untuk mampu berpikir kritis, inovatif, kreatif, analitis, mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi masalah tersebut. Anda dapat mempelajari atau mengembangkan kemampuan tersebut dengan mengikuti kelas Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah Ala Konsultan. Dalam kelas ini Anda akan belajar mulai dari pengenalan sampai dengan teknik-teknik penyelesaian masalah.

Manajemen diri yang baik

Manajemen diri adalah keterampilan baru yang muncul dalam top list skill. Perubahan yang cepat membuat Anda dituntut untuk mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat serta mempelajari hal dan strategi baru. Tidak jarang hal ini akan membuat Anda menjadi stres akibat kelelahan bekerja. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk dapat mengelola stres dengan baik. Skill Academy hadir untuk membantu Anda untuk mengelola stres dengan mengadakan kelas Mengelola Stress Agar Kerja Tetap Produktif.

Dalam kelas ini, Anda akan belajar mengenai faktor-faktor penyebab stres, jenis-jenis stres dan bagaimana cara menanggulangi stres yang sedang Anda hadapi.

Mampu bekerja sama dengan orang lain

Dalam dunia kerja, Anda tentu perlu untuk bekerja sama dengan orang lain. Bekerja sama dengan orang lain tentunya memerlukan kemampuan berkomunikasi yang baik agar koordinasi dapat berjalan dengan lancar dan terarah. Dalam kemampuan ini, WEF menjelaskan bahwa Anda perlu memiliki kemampuan leadership dan mampu untuk memberi pengaruh terhadap lingkungan sosial Anda.

Kunci dari keberhasilan bekerja sama dengan orang lain adalah komunikasi yang baik dan jelas. Anda dapat belajar atau mengembangkan kemampuan ini dengan mengikuti kelas Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karir dari Skill Academy. Kelas ini telah diikuti ribuan orang dengan rating 4.9.

Mampu menggunakan dan mengembangkan teknologi

Skill terakhir yang harus Anda kuasai adalah mampu menggunakan dan mengembangkan teknologi. Saat ini banyak hal konvensional yang menuju ekosistem digital, seperti pelatihan online, pembayaran online, belanja online, e-learning dan lain sebagainya. Kehadiran teknologi mampu mempermudah pekerjaan bagi Anda yang mampu menggunakannya.

Berdasarkan pemaparan WEF, pada tahun 2025 para pekerja dituntut untuk mampu menggunakan, mengawasi dan mengendalikan teknologi. Selain itu juga Anda dituntut untuk mampu membuat desain teknologi dan programming. Skill Academy memiliki kelas yang dapat membantu Anda meningkatkan penggunaan dan pengembangan teknologi Anda.

Itulah jenis skill yang paling dicari dan dibutuhkan pada tahun 2025. Anda dapat mempersiapkan diri Anda mulai dari sekarang agar mampu bersaing dan bertahan. Skill Academy mengadakan kelas pelatihan yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan skill Anda. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, klik CTA di bawah ini ya. Selamat belajar!

CTA skill academy