Kapan Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka? Ini Jawabannya

1 min read

Kapan gelombang 11 prakerja dibuka?

Program Kartu Prakerja yang memasuki gelombang 10 telah  memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan skill melalui berbagai lembaga pelatihan. Sepanjang tahun 2020, Program Kartu Prakerja telah menjaring kuota sebanyak 98% dari total kuota sebesar 5.597.183 orang. Namun, mungkin Anda masih bertanya-tanya, adakah gelombang lanjutan pada tahun ini?  

Seperti dilansir dari Kompas.com (27/9/2020),  Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa, mengatakan bahwa Gelombang 10 merupakan menuntaskan kuota tahun 2020. Ia pun mengatakan bahwa apabila ada penambahan kuota akan disampaikan oleh Komite Cipta Kerja (KCK). Hal tersebut sejalan dengan website dan sosial media seperti  laman Instagram @prakerja.go.id yang belum memberikan informasi terkait dibukanya gelombang 11. 

Baca juga: Program Kartu Prakerja, Sebenarnya untuk Siapa, sih?

Sesuai dari arahan yang tertulis Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian Nomor 11 tahun 2020, setiap peserta Kartu Prakerja wajib menggunakan bantuan untuk menjalani pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak menerima Kartu Prakerja. Apabila tidak melakukan hal tersebut, maka kepesertaannya akan dicabut.

Berdasarkan arahan tersebut, hingga tanggal 5 oktober 2020, telah ada sekitar 270.000 orang yang telah dicabut kepesertaanya dari gelombang 1-gelombang 6. Artinya, kuota yang sebelumnya telah mencapai 5,6 juta peserta menjadi berkurang karena adanya kepesertaan yang dicabut. Namun, pihak KCK belum memberikan informasi tambahan terkait pengalihan kuota tersebut untuk gelombang selanjutnya.

Simpang siurnya terkait gelombang 11 Prakerja, mungkin membuat Anda bingung dan berkecil hati. Pasalnya, saking tingginya antusias masyarakat, masih banyak calon peserta Kartu Prakerja yang belum lolos dan menginginkan untuk mengikuti program binaan pemerintah tersebut. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa belum ada informasi resmi terkait dibukanya gelombang 11 Prakerja. Namun, jangan lupa untuk terus memantau informasinya melalui Intagram Prakerja atau Skill Academy agar Anda tidak ketinggalan update terbaru. Anda juga bisa menyimak penjelasan dalam video berikut. 

Baca juga: Sudah Diterima Program Prakerja, Mau Belajar Apa?  

Sambil menunggu adanya konfirmasi lanjutan terkait hal tersebut, Anda tetap bisa melakukan persiapan, lho. Seperti misalnya, mempersiapkan berkas seperti KTP untuk pendaftaran Kartu Prakerja, berlatih soal tes prakerja atau Anda juga bisa mulai mencari berbagai jenis pelatihan apa saja yang ingin Anda ikuti.  Di Skill Academy terdapat berbagai macam pelatihan yang bisa membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan.  Jika Anda ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, silakan mengeklik CTA di bawah, ya.

Skill Academy Prakerja