Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise Sebelum Anda Memulainya!

2 min read

Franchise merupakan bisnis dengan melakukan kerja sama atau kemitraan dengan pemilik brand tertentu yang disebut Franchisor. Ini dapat menjadi pilihan bagi pemilik modal yang ingin memiliki bisnis namun tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Resiko kegagalan dalam bisnis ini juga lebih rendah jika dibandingkan dengan memulai bisnis dai nol. Namun karena menjalin bisnis dengan mitra, tentu ada beberapa biaya yang harus dibayarkan dan kebijakan bersama yang harus Anda patuhi untuk saling menguntungkan.

Sebelum memutuskan brand mana yang akan Anda ajak untuk kerja sama, simak beberapa kelebihan dan keuntungan bisnis franchise di bawah ini ya!

Kelebihan

  • Sudah memiliki manajemen bisnis yang jelas

Apabila Anda ingin memiliki bisnis namun belum memiliki pengalaman sebelumnya, franchise dapat menjadi pilihan Anda. Biasanya brand yang ingin Anda jadikan waralaba telah memiliki manajemen bisnis yang sudah bagus sehingga Anda tidak perlu memusingkan ide bisnis, sistem yang akan digunakan, nama brand, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu menerapkan manajemen bisnis yang sudah ada di lokasi tempat Anda membuka franchise. Dalam memilih lokasi juga akan dipandu oleh pemilik utama franchise untuk memastikan Anda memilih lokasi yang strategis.

(Sumber: freepik.com)

  • Brand sudah memiliki nama

Berbeda dengan memulai bisnis sendiri dari awal yang berarti Anda harus membangun brand Anda, biasanya brand franchise sudah dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian berarti Anda tidak perlu mangeluarkan biaya untuk melakukan pemasaran dan promosi. Telebih lagi apabila brand sudah memiliki nama yang besar, maka konsumen akan datang dengan sendirinya.

(Sumber: giphy.com)

  • Sistem keuangan sudah ada

Selain manajemen bisnis yang sudah ada, biasanya pemilik utama brand telah menetapkan sistem keuangan yang telah teruji keberhasilannya. Karena bisnis franchise biasanya merupakan brand besar, maka bisnis ini telah memiliki sistem keuangan yang baik untuk setiap lokasi. Ini sangat memudahkan sehingga Anda tidak perlu memusingkan sistem keuangan.

(Sumber: freepik.com)

Baca juga: Beberapa Keuntungan Memulai Bisnis Thrift Shop

Kekurangan

  • Kendali dipegang penuh oleh franchisor

Ketika Anda membeli franchise berarti Anda menandatangani perjanjian resmi dengan Franchisor. Perjanjian ini akan mengatur mengenai cara Anda menjalankan bisnis yang membuat ruang kreativitas Anda menjadi sempit. Franchisor juga akan mengatur mengenai lokasi, produk, dan pemasok yang Anda gunakan. Pastikan Anda memahami setiap kebijakan yang tertulis pada perjanjian tersebut.

(Sumber: giphy.com)

  • Reputasi brand mudah terpengaruh

Bisnis franchise biasanya memiliki banyak mitra, sebab itu reputasi brand mudah terpengaruh. Apabila salah satu franchise mengalami hal buruk yang mengganggu reputasi brand, ini akan mempengaruhi reputasi keseluruhan brand dan tentunya mempengaruhi bisnis Anda. Oleh karena itu, penting bagi semua mitra untuk menjaga reputasi brand untuk saling menjaga bisnis.

(Sumber: freepik.com)

  • Modal awal besar

Apabila Anda tertarik untuk membeli bisnis franchise maka Anda harus menyiapkan modal awal yang lumayan besar. Ada beberapa biaya yang perlu Anda bayarkan seperti biaya kemitraan awal dengan pemilik brand dan biaya pelatihan. Selain itu, Anda juga harus membagi beberapa persen keuntungan bisnis Anda dengan Franchisor, namun tidak semua Franchisor menerapkan kebijakan ini.

(Sumber: unsplash.com)

Karena memerlukan modal besar dan Anda diharuskan membayar beberapa biaya kemitraan, maka Anda harus dapat mengelola keuntungan Anda dengan bijak. Ikuti kelas mengelola keuangan Anda dari Skill Academy. Terdapat beberapa pilihan kelas yang dapat Anda ikuti pada kategori bisnis dan keuangan. Salah satu kelas yang dapat Anda ikuti adalah Tips Hemat Kelola Pemasukan dengan Konsep Syariah. Kelas ini telah diikuti oleh lebih dari 20000 peserta dengan rating 5.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis franchise, semoga dapat membantu Anda sebelum memulai bisnis ini. Untuk informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

CTA skill academy