Keuntungan Mulai Karir dari Magang untuk Fresh Graduate

1 min read

Mendapatkan pekerjaan di masa pandemi menjadi lebih sulit karena banyaknya pekerja yang dirumahkan dan lowongan pekerjaan yang lebih sedikit dibanding biasanya. Karena sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, membuat persaingan mendapatkan pekerjaan menjadi lebih ketat. Terutama bagi fresh graduate yang lulus di tengah pandemi.

Magang dapat menjadi langkah awal bagi seorang fresh graduate sebelum mendapatkan pekerjaan pertama. Magang dapat memberikan banyak keuntungan bagi Anda sebelum memulai karir Anda. Apa saja keuntungan memulai karir dari magang untuk fresh graduate? Simak penjelasan di bawah ya!

Menambah pengalaman kerja

Magang dapat memberikan pengalaman kerja yang berharga bagi Anda. Anda dapat mengaplikasikan pengetahuan Anda selama kuliah ke dalam dunia kerja. Selain itu, Anda juga dapat mengamati pekerjaan yang ingin Anda tekuni dan mempelajarinya langsung dari ahli nya. Saat magang, Anda juga akan mempelajari keterampilan tertentu yang sesuai dengan bidang yang sedang Anda kerjakan.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Setelah Lulus Kuliah, Apa yang Harus Dilakukan Fresh Graduate?

Meningkatkan keterampilan Anda

Magang membantu Anda untuk meningkatkan keterampilan Anda. Magang membuat Anda untuk belajar sembari praktik, hal ini akan membuat Anda berlatih dan belajar dengan atau tanpa Anda sadari, ini dapat meningkatkan keterampilan yang Anda miliki. Jika Anda mengalami kebingungan, Anda dapat langsung menanyakannya pada supervisor atau atasan Anda.

Selain belajar di tempat kerja, Anda juga dapat belajar mengembangkan keterampilan Anda sendiri dengan mengikuti pelatihan online. Skill Academy mengadakan berbagai pelatihan keterampilan secara online yang dapat Anda pilih sesuai dengan passion dan kebutuhan Anda.

Membangun relasi dengan profesional

Saat magang, Anda akan sering bertemu atau berkomunikasi dengan profesional di bidang nya seperti atasan Anda atau yang lain nya. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya mengenai hal yang belum Anda ketahui atau ingin Anda ketahui. Para profesional yang Anda temui selama magang dapat menjadi relasi Anda di masa depan atau menjadi koneksi untuk memperoleh pekerjaan pertama Anda nanti nya.

(Sumber: freepik.com)

Membuka peluang dipilih menjadi karyawan tetap atau kontrak

Beberapa perusahaan menggunakan magang sebagai upaya rekrutmen. Jika kinerja Anda baik, di akhir masa magang Anda, mungkin perusahaan memutuskan untuk mempekerjakan Anda di perusahaan tersebut. Jika tidak, mungkin Anda akan mendapatkan tawaran saat perusahaan melakukan penerimaan karyawan baru. Dilansir dari fremont.edu, magang adalah salah satu cara bagi perusahaan untuk menguji seseorang sebelum berkomitmen untuk mempekerjakan nya.

Untuk memberikan kinerja yang baik, Anda dapat belajar mengenai career hack agar Anda dapat meningkatkan kompetensi Anda.

Menambah portofolio

Magang dapat menambah portofolio Anda. Hasil dari kerja Anda dapat Anda gunakan sebagai portofolio untuk melamar pekerjaan nantinya. Portofolio dapat menambah nilai Anda di mata recruiter. Mulai saat ini, biasakan untuk mengarsipkan portofolio yang Anda buat agar saat Anda membutuhkannya, Anda dapat langsung menggunakanya.

(Sumber: freepik.com)

Itu lah keuntungan magang yang dapat Anda jadikan pilihan bagi Anda untuk memulai karir Anda, terutama bagi fresh graduate. Selain itu, Anda juga dapat mengikuti bimbingan karir agar Anda lebih dapat mempersiapkan perjalanan karir Anda setelah magang usai.

Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan nya, klik CTA di bawah ini ya!

Skill Academy Prakerja