Pendaftaran Prakerja Gelombang 12 Akan Dibuka 2021? Ini Jawabannya!

1 min read

Program kartu prakerja tahun 2020 telah ditutup dengan gelombang 11 yang dibuka pada 2 November lalu. Program kartu prakerja dimulai sejak 11 April 2020 dengan antusias masyarakat yang sangat tinggi. Dilansir dari kompas.com (11/20), total pendaftar program kartu prakerja dari gelombang 1 sampai 11 adalah sebanyak 43 juta pendaftar. Dari total pendaftar, jumlah penerima program kartu prakerja ini adalah sebanyak 5,6 juta.

Banyak beredar kabar mengenai akan dibukanya gelombang 12 kartu prakerja pada tahun 2021. Apakah kabar tersebut benar?

Head of Communication Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan bahwa, program Kartu Prakerja gelombang selanjutnya akan mulai dibuka kembali tahun depan. Meski dikatakan bahwa program ini akan kembali dibuka tahun depan, namun PMO Kartu Prakerja belum memberikan waktu pasti program ini akan dibuka dan jumlah kuota yang akan diterima.

Berita akan dibukanya gelombang 12 kartu prakerja tentu menjadi angin segar bagi Anda yang belum berhasil menjadi penerima program ini. Program pelatihan gelombang 11 akan ditutup pada 15 Desember 2020 dan penerima kartu prakerja gelombang 11 harus menyelesaikan pelatihan pertama sebelum 9 Desember 2020.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kelas Prakerja Paling Diburu di Skill Academy

Terdapat sebanyak 153 lembaga pelatihan dengan 1663 program pelatihan dalam program ini yang terdiri dari pelatihan penjualan dan pemasaran, gaya hidup, manajemen, bahasa asing, makanan dan minuman, keuangan dan bisnis, serta sosial dan perilaku.

Data BPS menjelaskan bahwa sebanyak 88,9% penerima telah menyelesaikan pelatihan dan mengatakan bahwa program ini berhasil meningkatkan keterampilan mereka. Angka 88,9% dapat menjadi indikator bahwa program ini berhasil memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan kerja.

Dapat disimpulkan bahwa belum ada informasi pasti terkait dibukanya gelombang 12 kartu prakerja. Agar tidak tertinggal informasi, ikuti perkembangan berita tersebut melalui Instagram prakerja.go.id atau Skill Academy.

Sembari menunggu kebenaran dibukanya gelombang 12, Anda dapat mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Siapkan berkas-berkas persyaratan dan latihan soal tes prakerja.

Salah satu lembaga yang menyediakan pelatihan kartu prakerja adalah Skill Academy. Terdapat banyak pilihan kelas dari Skill Academy, Anda dapat mulai mencari kelas pelatihan yang ingin anda ikuti. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini.

CTA skill academy