Penghasilan Pas-pasan? Yuk, Intip Tips Mengelola Uang Agar Cukup Sampai Akhir Bulan!

1 min read

Banyak yang merasa bahwa penghasilan yang diperoleh setiap bulannya tidak cukup untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Penghasilan Anda bisa saja cukup untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan apabila Anda dapat mengelolanya dengan baik dan memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Mengelola penghasilan pas-pasan tidaklah mudah, Anda harus bijak dalam menggunakan uang Anda. Berikut beberapa tips untuk Anda yang baru akan belajar bagaimana mengelola penghasilan Anda agar cukup sampai akhir bulan!

Menabung di awal menerima pendapatan

Sebelum uang Anda habis terpakai untuk hal-hal yang kurang penting, maka lebih baik jika Anda langsung mengalokasikan sebagian uang untuk ditabung. Menabung lebih baik dilakukan saat Anda baru menerima pendapatan. Menabung di awal, membantu Anda untuk memaksimalkan sisa uang yang ada untuk memenuhi kebutuhan sampai memperoleh pendapatan berikutnya.

Selain menabung, Anda juga dapat mulai melakukan investasi. Skill Academy mengadakan kelas investasi dengan modal kecil. Kelas pelatihan ini membantu Anda untuk belajar memulai investasi meskipun modal yang Anda miliki sedikit. Sehingga Anda bisa memulai investasi dengan penghasilan pas-pasan.

Bayar semua tagihan Anda

Ketika mendapatkan gaji atau uang hasil usaha, ada baiknya apabila Anda segera membayar tagihan Anda seperti membayar tagihan listrik, air, internet, dan kebutuhan lainnya. Membayar semua tagihan Anda sesegera mungkin dapat membantu Anda untuk menghindari penumpukan tagihan, selain itu ini juga menghindari uang Anda terpakai untuk hal-hal yang tidak terlalu penting dan tagihan Anda tidak terbayarkan.

(Sumber: giphy.com)

Baca juga: Penghasilan Terus Menipis? Yuk Intip Rekomendasi Ide Bisnis Selama Pandemi!

Bedakan kebutuhan dan keinginan

Karena penghasilan yang Anda miliki pas-pasan, maka Anda harus pandai untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai Anda menghabiskan uang Anda untuk membeli hal-hal yang Anda inginkan tapi Anda melupakan kebutuhan-kebutuhan yang belum terpenuhi. Keinginan bersifat tidak harus segera dipenuhi, sehingga Anda bisa memenuhi keinginan Anda saat semua kebutuhan Anda telah terpenuhi.

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa tips untuk mengelola penghasilan pas-pasan. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy