Pentingnya Mengetahui Minat dan Bakat untuk Menentukan Pilihan Karier

1 min read

Tidak jarang seorang fresh graduate mengalami kebingungan mengenai harus bekerja apa setelah lulus kuliah. Atau Anda merupakan pekerja yang berpikir untuk mengubah jalur karier Anda saat ini. Salah satu faktor yang dapat membantu Anda dari kebingungan tersebut adalah dengan mengetahui minat dan bakat Anda.

Seberapa penting mengetahui minat dan bakat untuk memilih karier? Berikut adalah beberapa alasan mengenai mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui minat dan bakat, simak ya!

Membantu mengenali diri sendiri

Apabila Anda belajar mengenai minat dan bakat, hal tersebut akan membantu Anda untuk lebih tahu tentang diri Anda. Untuk mengenali diri sendiri butuh waktu yang tidak sebentar, Anda harus sering berkomunikasi dengan diri Anda. Namun di era yang lebih modern ini, Anda dapat melakukan konsultasi atau mengikuti kelas pelatihan untuk mengetahui minat dan bakat Anda.

Jika Anda sudah mengetahui diri Anda sendiri maka Anda akan lebih mengetahui potensi, passion, kelebihan, dan kelemahan yang Anda miliki serta mengetahui apa saja yang dapat Anda perbaiki. Semakin mengenal diri sendiri, semakin Anda tahu cara agar dapat lebih berkembang.

(Sumber: giphy.com)

Lebih terarah untuk memilih karier

Saat Anda telah mengenal diri sendiri, Anda akan lebih terarah untuk memilih jalan karier Anda. Dengan melakukan tes minat dan bakat yang terdiri dari beberapa assesment psikologi, Anda dapat mengetahui beberapa jenis pekerjaan yang cocok dengan minat dan bakat yang Anda miliki.

Teori Holland’s Code membantu Anda untuk mengetahui jenis pekerjaan sesuai dengan minat Anda, teori ini membantu Anda untuk mengidentifikasi tipe kepribadian dan lingkungan yang ideal untuk Anda bekerja. Teori Kecerdasan Majemuk membantu Anda untuk mengetahui jenis pekerjaan sesuai dengan bakat Anda, teori ini mengemukakan bahwa setiap manusia memiliki sembilan kecerdasan berbeda yang mencerminkan berbagai cara berinteraksi dengan dunia.

(Sumber: freepik.com)

Membantu mengembangkan karier Anda

Dengan mengetahui minat, bakat dan mengenali diri sendiri, Anda juga menjadi tahu cara untuk mengembangkan karier Anda sesuai dengan passion dan bakat yang Anda miliki. Bekerja sesuai dengan minat dan bakat yang Anda miliki, akan membuat Anda bekerja dengan senang dan memberi pengaruh positif. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan karier Anda.

(Sumber: unsplash.com)

Baca juga: Memilih Pekerjaan di Bidang yang Baru, Mungkin Nggak sih?

Setelah membaca uraian di atas, dapat diketahui bahwa mengenali minat dan bakat penting untuk membantu karier Anda. Anda dapat mengikuti kelas pelatihan pentingnya minat dan bakat untuk pengembangan karier dari Skill Academy. Dalam kelas ini Anda akan dibahas mengenai cara mengetahui minat, mengetahui jenis pekerjaan yang cocok untuk Anda, hingga cara mengembangkan karier Anda berdasarkan minat dan bakat.

Itulah beberapa alasan mengapa mengetahui minat dan bakat penting untuk membantu Anda menentukan pilihan karier. Kenali minat dan bakat Anda dan dapatkan karier impian Anda. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy