Persiapan Memulai Karir setelah Pandemi Covid-19 Berakhir

1 min read

Pandemi Covid-19 menyebabkan terjadinya resesi ekonomi di Indonesia, resesi ekonomi adalah fase penurunan ekonomi, hal ini menyebabkan banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Resesi di Indonesia telah terjadi selama 2 kuartal yaitu kuartal II (April-Juni) dan juga kuartal III (Juli-September). Resesi ekonomi menyebabkan Produk Domestik Bruto (PDB) menjadi rendah, tingkat pengangguran yang tinggi, harga aset menurun, dan inflasi rendah.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Andry Asmoro, Kepala Ekonom Bank Mandiri menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan terus membaik pada 2021. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia akan mulai stabil pada kuartal II (April-Juni) tahun 2021 dengan angka pertumbuhan ekonomi mencapai 5,15% dan akan terus stabil pada angka 5% sampai akhir tahun 2021.

Lalu, apa yang perlu Anda persiapkan setelah masa resesi ekonomi dan pandemi usai? Simak tips di bawah ini ya!

Upgrade Keterampilan

Saat pandemi usai, perekonomian Indonesia akan terus membaik, lapangan kerja akan lebih banyak dibuka dan angka pengangguran akan menurun. Untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda, Anda perlu mengetahui skill yang perlu Anda miliki dan skill yang harus Anda kembangkan.

Sheryl Sandberg, COO Facebook mengungkapkan bahwa keterampilan lebih penting daripada pengalaman. Jadi bagi Anda jobseeker yang belum memiliki banyak pengalaman, Anda bisa memperkuat keterampilan Anda agar dapat bersaing dengan jobseeker lainnya setelah pandemi dan resesi ekonomi di Indonesia berakhir.

Baca juga: Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi

Mengetahui skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan

Dengan mengetahui skill yang paling dibutuhkan oleh perusahaan, Anda dapat mempersiapkan diri untuk lebih dekat dengan pekerjaan impian Anda. Dilansir dari World Economic Forum (WEF), jenis skill yang akan dibutukan di dunia kerja pada tahun 2025 adalah kemampuan menyelesaikan masalah, manajemen diri, bekerja sama dengan orang lain, dan penggunaan serta pengembangan teknologi.

Kemampuan menyelesaikan masalah merupakan top skill yang dibutuhkan perusahaan pada tahun 2020. Kemampuan ini masih akan terus dibutuhkan perusahaan sampai dengan 5 tahun kemudian. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mulai melatih kemampuan Anda dalam menyelesaikan masalah dengan mengikuti kelas problem solving dari Skill Academy.

Baca juga: 5 Skill yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Mempersiapkan diri untuk proses rekrutmen

Setelah mempersiapkan diri dengan meningkatkan keterampilan sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, selanjutnya Anda perlu mempersiapkan diri untuk proses rekrutmen. Mulai dari menyiapkan CV, berlatih wawancara, psikotest, Focus Group Discussion (FGD), dan proses lainnya.

Anda dapat mempersiapkan semuanya dengan mengikuti pelatihan dari Skill Academy. Dengan mengikuti pelatihan dari Skill Academy, Anda akan mendapatkan tips-tips dari ahli di bidang masing-masing mengenai bagaimana membuat CV yang baik, tips wawancara dan juga bimbingan karir.

Anda dapat mempersiapkan diri mulai dari sekarang untuk menyambut fase ekspansi ekonomi dengan mengikuti pelatihan dari Skill Academy. Untuk mengetahui Skill Academy secara lebih lengkap, klik CTA di bawah ini ya!CTA skill academy