Cara Agar Progress Kelas Menjadi 100%

1 min read

Tim Skill Academy banyak sekali menerima pesan masuk mengenai progress kelas yang belum kunjung berubah menjadi 100%. Setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa hal yang terlewatkan oleh pengguna sehingga status kelasnya belum berubah menjadi 100%. Agar Anda tidak turut mengalaminya, perhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Selesaikan seluruh modul

progres kelas

Tampilan learning journey/modul kelas Skill Academy

Pastikan bahwa Anda sudah menyelesaikan seluruh modul di dalam kelas modul tersebut meliputi materi video, mengerjakan kuis, membuka tautan file berupa pdf seperti pada rangkuman atau self-assessment, hingga menyelesaikan webinar dan kuis akhir. Dari seluruh poin tersebut, bisa jadi ada item yang terlewatkan oleh Anda. 

2. Tunggu status webinar berubah

Anda mungkin sudah mengikuti webinar, tapi statusnya belum berganti menjadi selesai. Nah, status partisipasi webinar akan diperbaharui oleh sistem kurang lebih 24 jam setelah sesi webinar berakhir. Misal, Anda mengikuti sesi webinar pada hari Rabu, 16 September pukul 16.00-17.00 WIB, maka status Anda baru akan berubah pada hari Kamis, 17 September pukul 17.00 WIB. Jika waktu sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB tapi status Anda belum ter-update, maka ada kemungkinan email yang Anda gunakan di Zoom berbeda dengan email yang Anda daftarkan di Skill Academy. Jika kondisinya seperti itu, Anda dapat mengisi laporan pada form bit.ly/kendalaprakerja.

Baca Juga: Lakukan Ini agar Sertifikat Segera Muncul di Dashboard Prakerja

3. Mengikuti ujian akhir dan mendapatkan Certificate of Excellence

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan agar progress kelas segera menjadi 100% adalah mengikuti final exam atau ujian akhir. Apa tandanya kalau Anda sudah berhasil mengikuti ujian akhir? Anda akan mendapatkan Certificate of Excellence. Namun untuk mendapatkan sertifikat ini tidak mudah. Anda harus mengikuti ujiannya dengan baik, karena jika Anda menjawabnya asal maka Anda tidak akan lulus, sehingga progress kelas Anda pun gagal menjadi 100%.

Setelah Anda benar-benar sudah menyelesaikan semua materi kelas, dalam 24 jam data Anda akan dikirimkan ke platform digital (Tokopedia atau Bukalapak) untuk kemudian dilaporkan ke manajemen pelaksana Kartu Prakerja. Proses verifikasi tersebut membutuhkan waktu 3-7 hari kerja (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/hari libur nasional). Skill Academy selalu berupaya untuk membantu para peserta agar proses pencairan pun menjadi cepat. Semoga sukses untuk Anda, ya!

progres kelas