Sebelum Melamar Kerja, Jobseeker Harus Tau Apa Perbedaan antara CV dan Resume?

1 min read

Bagi Anda yang saat ini sedang aktif mencari pekerjaan, istilah CV dan resume tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. CV dan resume adalah dokumen yang Anda perlukan untuk melamar pekerjaan.

Ketika Anda membaca unggahan lowongan pekerjaan, ada perusahaan yang meminta CV ada juga perusahaan yang meminta resume sebagai dokumen lamaran. Banyak yang menganggap bahwa CV dan resume adalah dokumen yang sama, padahal keduanya berbeda. Lalu apa perbedaan keduanya? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Curriculum Vitae (CV)

Dilansir dari theundercoverrecruiter.com, curriculum vitae atau CV berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “cerita kehidupan”. CV merupakan dokumen yang ditulis secara kronologis yang berisi data diri, pendidikan, perjalanan karir, kualifikasi dan prestasi akademik maupun prestasi dalam pekerjaan. CV biasanya disusun dalam dua halaman atau lebih. Dalam CV, Anda juga dapat menuliskan beberapa informasi pribadi seperti status pernikahan, kewarganegaraan, dan foto.

Bentuk CV yang sesuai dengan kriteria perusahaan merupakan hal yang masih ramai dibahas saat ini. Banyak yang masih mempertanyakan lebih baik menggunakan CV kreatif atau CV ATS friendly. Beberapa berpendapat bahwa yang terpenting dalam sebuah CV adalah konten yang ada di dalamnya. Apakah mampu menjelaskan siapa Anda dan menjual atau tidak.

Agar Anda tidak semakin bingung dan bertanya-tanya mengenai bentuk CV yang ideal dan sesuai kriteria perusahaan, Anda dapat mengikuti kelas bedah CV dengan pemateri Iman Usman, Co-Founder dan CPO Ruangguru. Kelas ini termasuk kelas best seller dengan rating 4.9.

Baca juga: Jenis-Jenis Profesi yang Tetap Dibutuhkan di Masa Pandemi COVID 19

Resume

Dalam KBBI, resume berarti ringkasan. Resume adalah dokumen ringkas yang berisi  kualifikasi, pencapaian, dan pengalaman. Berbeda dengan CV yang menuliskan riwayat hidup seseorang secara kronologis, resume lebih seperti ‘iklan’ singkat tentang mengapa perusahaan harus memilih Anda untuk mengisi posisi yang diperlukan.

Resume biasanya ditulis hanya dalam satu halaman karena merupakan ringkasan. Resume lebih memberikan informasi yang terarah mengenai kualifikasi yang Anda miliki. Selain itu, resume juga bersifat lebih fleksibel karena dapat Anda sesuaikan dengan posisi yang ingin Anda lamar.

(Sumber: freepik.com)

Secara ringkas, perbedaan keduanya ada pada jumlah halaman, isi dan tujuan pembuatannya. CV memiliki jumlah halaman yang lebih banyak daripada resume karena menceritakan riwayat hidup dan perjalanan karir secara rinci. Sedangkan  resume hanya disusun dalam satu halaman, berisi kualifikasi yang dapat menjelaskan mengapa perusahaan harus memilih Anda untuk mengisi posisi yang Anda lamar.

Dilansir dari smart-money.co, CV lebih banyak digunakan di kawasan Eropa seperti Inggris, Irlandia, dan Selandia Baru. Sedangkan resume lebih banyak digunakan di Amerika Serikat dan Kanada. Meski demikian beberapa negara seperti Australia, India, Afrika Selatan dan negara di Asia menggunakan CV dan resume secara bersamaan.

Itulah perbedaan antara CV dan resume yang perlu Anda ketahui. Untuk mengetahui kelas-kelas yang dimiliki Skill Academy dan informasi lengkap seputar Skill Academy, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy