Selain Menjadi Guru, Inilah 5 Pilihan Karier untuk Sarjana Pendidikan

1 min read

Keguruan dan Pendidikan adalah bidang ilmu yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi seorang guru, oleh karena itu banyak yang mengira bahwa lulusan Sarjana Pendidikan hanya dapat menjadi tenaga pengajar atau guru. Padahal peluang kerja bagi lulusan Sarjana Pendidikan tentu tidak hanya itu.

Lalu apa saja pilihan karier bagi lulusan Sarjana Pendidikan? Simak di bawah ini ya!

Bekerja di instansi pemerintahan

Bagi Anda yang merupakan Sarjana Pendidikan, Anda juga memiliki peluang untuk bekerja di instansi pemerintahan. Salah satunya adalah Anda bisa bekerja di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jika Anda adalah seorang Sarjana Pendidikan bahasa baik itu bahasa Indonesia maupun bahasa lainnya, Anda dapat bekerja di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atau Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

(Sumber: giphy.com)

Penulis

Menulis juga dapat menjadi pilihan karier apabila Anda adalah seorang Sarjana Pendidikan yang gemar menulis. Anda dapat mulai menjadi penulis atau blogger, Anda dapat membuat konten-konten yang berkaitan dengan dunia pendidikan atau konten edukatif lainnya. Saat ini menulis juga merupakan pilihan yang dapat memberikan Anda penghasilan. Bahkan menurut forbes.com, penghasilan blogger populer di dunia dapat mencapai USD 20000-50000 atau setara dengan 300-700 juta rupiah.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger, Anda dapat mengikuti kelas dari Skill Academy dengan instruktur Tedy Rizkha Heryansyah, Content Writer Ruangguru.

Baca juga: Copywriter, Content Writer, dan UX Writer, Mirip Tapi Tak Sama. Yuk, Kenali Perbedaannya!

Konselor Pendidikan

Apabila Anda merupakan Sarjana Pendidikan bimbingan konseling, maka Anda dapat menjadi konselor pendidikan. Konselor pendidikan bertugas untuk membantu siswa/mahasiswa menyelesaikan masalah personal dan sosial yang mempengaruhi situasi pendidikan. Konselor pendidikan juga dapat membantu menentukan jurusan, melanjutkan sekolah, dan memilih perguruan tinggi yang disesuaikan dengan minat dan bakat seseorang.

Selain itu, konselor pendidikan juga berperan menjadi perantara untuk bertemu orang tua atau wali, guru, dan pihak lainnya. Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan perkembangan dan menyelesaikan masalah yang mungkin dihadapi oleh siswa/mahasiswa.

(Sumber: pexels.com)

Relawan Pendidikan

Bagi Anda yang merupakan Sarjana Pendidikan dan senang melakukan perjalanan, Anda dapat menjadi seorang relawan pendidikan. Anda bisa menjadi relawan pendidikan di daerah terpencil Indonesia, hal ini sesuai dengan program yang dibuat pemerintah yaitu Sarjana Mendidik di Daerah Teluar, Tertinggal, dan Terdepan (SM3T). Dengan menjadi relawan pendidikan, Anda membantu pemerataan pendidikan dan mengisi kekosongan tenaga pengajar di Indonesia.

(Sumber: freepik.com)

Menjadi guru les privat

Dengan penguasaan materi dan kemampuan berkomunikasi yang baik yang telah Anda pelajari semasa kuliah, menjadi guru les privat dapat menjadi pilihan karir Anda. Anda dapat menjadi guru les privat sesuai dengan jenjang pendidikan yang Anda ambil (SD, SMP, atau SMA).

(Sumber: freepik.com)

Guru merupakan formasi yang banyak dibuka pada CPNS 2021, ini merupakan kesempatan bagi Anda yang merupakan Sarjana Pendidikan. Anda dapat mempersiapkan diri dengan mengikuti kelas pelatihan dan tryout dari Skill Academy.

Itulah beberapa pilihan karir bagi Anda Sarjana Pendidikan selain menjadi guru. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas-kelas yang ada, klik CTA di bawah ini ya!

CTA skill academy