Sering Grogi Saat Berbicara di Depan Umum? Yuk, Simak Tips Lancar Public Speaking

1 min read

Public speaking adalah salah satu hal yang ditakutkan banyak orang, hasil penelitian Chapman University di California menjelaskan bahwa sebanyak 25,9% masyarakat Amerika memilih public speaking menjadi ketakutan nomor 1.

Dikutip dari dce.harvard.edu, komunikasi yang baik tidak pernah sempurna, dan tidak ada yang mengharapkan Anda untuk menjadi sempurna. Namun dengan meluangkan waktu untuk melakukan persiapan akan membantu Anda menyampaikan pesan dengan lebih baik.

Bagi Anda yang ingin berlatih public speaking, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba, disimak ya!

Persiapan dan latihan

Melakukan public speaking tidak jarang membuat Anda gugup, gugup merupakan hal yang wajar. Anda dapat mengatasi rasa gugup Anda dengan melakukan persiapan yang baik dan juga melakukan latihan yang cukup. Lakukan latihan seolah-olah Anda telah berada di depan audiens Anda. Anda bisa berlatih di depan cermin, berlatih dengan teman, dan merekam latihan Anda agar dapat Anda melihat kembali penampilan Anda dan mengetahui hal yang perlu Anda evaluasi.

Anda juga dapat mengikuti kelas pelatihan untuk mendapatkan tips dan belajar dari ahlinya, Skill Academy mengadakan kelas public speaking dengan instruktur Professional Public Speaker dan juga NLP Trainer.

Ketahui siapa audiens Anda

Sebelum menyusun materi, Anda perlu mengetahui kepada siapa pesan tersebut ditujukan. Dengan mengetahui audiens Anda, maka Anda dapat menyusun informasi yang sesuai, penggunaan bahasa, cara penyampaian, dan bagaimana melakukan interaksi dengan audiens Anda. Mengetahui audiens Anda membantu Anda untuk membuat pesan yang tepat.

(Sumber: pexels.com)

Baca juga: Rekomendasi Pekerjaan Buat yang Suka Bertemu Banyak Orang

Menyusun dan menguasai materi

Sebelum melakukan public speaking, penting bagi Anda untuk menyusun terlebih dahulu materi yang akan Anda sampaikan. Anda dapat menuliskan topik apa yang ingin Anda sampaikan, tujuan umum, tujuan khusus, dan poin utama dari materi Anda. Menyusun materi membantu Anda untuk mengurangi blank saat Anda berbicara dan membantu Anda untuk lebih menguasai materi Anda sehingga menunjukan kesan profesional di hadapan audiens Anda.

(Sumber: freepik.com)

Perhatikan gesture

Saat melakukan public speaking, Anda perlu memperhatikan gesture atau bahasa tubuh Anda. Dilansir dari artofcommunicating.com.au, gesture adalah penguatan dari kata-kata atau gagasan yang Anda sampaikan dan merupakan representasi non-verbal mengenai perasaan Anda. Apabila Anda menggunakan gesture dengan tepat, hal tersebut akan membantu Anda meningkatkan pesan yang Anda sampaikan dan membuat Anda tampak percaya diri dan menguasai panggung.

(Sumber: giphy.com)

Perhatikan intonasi dan artikulasi

Intonasi dan artikulasi adalah hal yang penting saat Anda melakukan public speaking. Anda perlu memperhatikan intonasi atau nada bicara Anda dan memperhatikan penekanan yang tepat saat berbicara. Selain itu, pengucapan yang jelas juga sangat penting agar pesan sampai secara jelas kepada audiens Anda. Intonasi dan artikulasi yang jelas membantu audiens untuk menerima pesan sesuai dengan yang Anda sampaikan.

(Sumber: freepik.com)

Itulah beberapa tips agar lancar dalam public speaking, semoga bermanfaat bagi Anda. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas-kelas yang ada, klik CTA di bawah ini ya!CTA skill academy