Setelah Lulus Kuliah, Apa yang Harus Dilakukan Fresh Graduate?

2 min read

Lulus dari bangku kuliah adalah hal yang diidam-idamkan oleh mahasiswa karena akhirnya dapat menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar. Namun lulus kuliah bukan lah akhir melainkan sebuah awal baru bagi seorang fresh graduate untuk memulai hidupnya.

Banyak dari fresh graduate yang bingung apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah, terlebih bagi Anda yang lulus di masa pandemi.  Apakah Anda salah satunya? Jangan khawatir, berikut merupakan tips bagi fresh graduate untuk memulai karir setelah kelulusan, simak ya!

  • Mengetahui apa yang ingin Anda lakukan

Setelah lulus, banyak fresh graduate yang bingung mengenai apa yang ingin mereka lakukan untuk hidup mereka. Sebagian juga ketakutan mengenai ketidakpastian masa depan mereka nantinya. Hal ini juga dapat disebut sebagai fase quarter life crisis (QLC).

Quarter life crisis adalah fase ketika seseorang mengalami kecemasan terhadap masa depannya. Quarter life crisis biasa dialami saat memasuki 20-30 tahun. Anda harus belajar mengetahui dan memahami apa yang ingin Anda lakukan setelah lulus, apakah melanjutkan studi, ingin langsung bekerja, atau membuka bisnis Anda sendiri.

(Sumber: giphy.com)

  • Tetap belajar

Lulus dari bangku kuliah bukan berarti Anda berhenti belajar. Anda bisa belajar mengembangkan skill sesuai dengan passion Anda atau sesuai dengan pekerjaan yang Anda impikan. Saat ini terdapat banyak pelatihan skill yang dilaksanakan secara online dengan berbagai macam materi yang dapat Anda ikuti untuk menambah skill dan wawansan Anda. Anda juga dapat mengikuti bimbingan karir secara online dengan ahlinya untuk mempersiapkan karir Anda ke depannya.

(Sumber: freepik.com)

  • Mulai membuat CV

Jika Anda ingin bekerja setelah lulus kuliah, tentu Anda perlu untuk mulai membuat CV. Membuat CV bukan hal yang mudah untuk dilakukan karena terdapat banyak pendapat mengenai seperti apa bentuk CV yang sesuai dengan kriteria perusahaan. Anda dapat mengikuti kelas membuat CV agar dapat membuat CV yang sesuai dengan kriteria perusahaan impian Anda.

  • Mempersiapkan diri untuk wawancara kerja

Sebagai seorang fresh graduate, Anda dapat mulai mempersiapkan diri untuk wawancara kerja. Anda dapat belajar mengenai pertanyaan apa saja yang sering ditanyakan recruiter dan bagaimana cara menjawabnya. Terdapat banyak sumber mengenai hal ini, namun tentu Anda ingin belajar bersama dengan ahlinya. Anda dapat belajar bersama ahlinya dengan mengikuti kelas wawancara kerja bersama Iman Usman yang merupakan Co-Founder Ruangguru.

Baca juga: Tips Melakukan Wawancara Kerja

  • Mulai dengan magang

Magang dapat menjadi langkah awal bagi seorang fresh graduate sebelum mendapatkan pekerjaan pertama. Dilansir dari css.edu, magang dapat memberikan pengalaman kerja yang membantu mengaplikasikan ilmu dalam bentuk praktik dan meningkatkan skill leadership.

Dengan magang, Anda dapat belajar seperti apa dunia kerja yang akan Anda masuki. Magang juga dapat menambah portofolio Anda yang akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

(Sumber: pexels.com)

  • Mulai berbisnis

Bagi sebagian fresh graduate, berbisnis adalah hal yang dapat dilakukan setelah lulus kuliah. Dilansir dari Kompas (28/01), hasil penelitian Sea Group kepada 14000 pemuda Indonesia menyebutkan sebanyak 24% responden ingin memiliki bisnis sendiri, 17% ingin bekerja di pemerintahan, 16,5% melanjutkan usaha keluarga, dan 3,2% ingin bekerja di startup. Hal ini menunjukkan bahwa banyak pemuda yang ingin memulai bisnis.

Apakah Anda salah satunya? Memulai bisnis bukan merupakan hal mudah, namun bukan berarti tidak dapat dilakukan. Anda dapat mempelajari kiat-kiat memulai bisnis dengan mengikuti kelas bersama pemateri yang berpengalaman dan terpercaya.

(Sumber: Instagram Skill Academy)

  • Bersabar dan tetap produktif

Melihat beberapa rekan Anda telah mendapatkan pekerjaan, memulai bisnis mereka atau menemukan hal yang ingin mereka lakukan tidak perlu membuat Anda khawatir atau berkecil hati. Anda dapat mengisi waktu luang yang Anda miliki dengan mengikuti kelas-kelas rekomendasi Skill Academy untuk meningkatkan skill dan wawasan Anda. Dikutip dari worldpulse.com mengatakan bahwa Anda tidak terlambat, tidak juga terlalu cepat. Anda sangat tepat waktu, dan berada pada zona waktu Anda.

(Sumber: pexels.com)

Itu dia tips untuk fresh graduate yang masih bingung harus melakukan apa setelah lulus kuliah. Semoga dapat mengurangi kebingungan Anda. Anda dapat mengikuti kelas dari Skill Academy untuk tetap produktif sembari mencari tahu apa yang ingin Anda lakukan setelah lulus kuliah. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Skill Academy, klik CTA di bawah ini ya!

Skill Academy Prakerja