Keahlian yang Harus Anda Miliki Jika Ingin Menjadi Customer Service Andal

2 min read

Customer Service memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan karena merupakan pihak pertama yang berinteraksi dengan konsumen. Pelayanan yang diberikan oleh Customer Service mempengaruhi citra perusahaan dan loyalitas konsumen.

Dilansir dari ameritasinsight.com, pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan kepada konsumen dan membuat 60-70% konsumen melakukan pembelian kembali. Oleh karena itu, seorang Customer Service harus memiliki beberapa keahlian utama agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Berikut adalah beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh Customer Service, simak ya!

1. Menguasai product knowledge

Seorang Customer Service harus dapat menjawab pertanyaan dan keluhan konsumen terutama mengenai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Oleh karena itu, seorang Customer Service harus menguasai produk knowledge yang baik. Kemampuan Anda menjelaskan informasi produk atau jasa akan mempengaruhi keputusan pembelian dan loyalitas konsumen.

(Sumber: freepik.com)

2. Komunikasi

Secara sederhana Customer Service adalah pihak yang bertugas untuk menjawab pertanyaan atau keluhan konsumen. Customer Service tentu harus memiliki skill komunikasi yang mumpuni. Anda harus dapat menyampaikan informasi secara jelas dan terstruktur dengan bahasa yang mudah dipahami oleh konsumen.

Kemampuan berkomunikasi merupakan hal yang dapat dilatih dan dikembangkan. Anda dapat mengembangkan skill komunikasi Anda dengan mengikuti kelas Tingkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Menunjang Karier dari Skill Academy. Dalam kelas ini Anda akan belajar mengenai komunikasi efektif dengan rekan kerja, client, dan untuk mengembangkan karier Anda.

Baca juga: Jenis Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2025

3. Sabar

Seorang Customer Service biasanya menghadapi konsumen dengan berbagai karakter dan latar belakang. Sabar adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh Custimer Service karena konsumen mungkin akan memberikan beberapa pertanyaan, meminta Anda untuk mengulang kembali jawaban, atau bertanya dengan intonasi dan emosi yang berbeda-beda. Anda harus dapat mengendalikan emosi dengan baik dan tetap memberikan pelanyanan yang baik kepada konsumen.

Kecerdasan emosi merupakan hal penting bagi Customer Service. Anda dapat mempelajari atau mengembangkan kecerdasan emosi dengan mengikuti kelas Emotional Intelligence: Kelola Kecerdasan Emosi dalam Karier. Dalam kelas ini Anda akan belajar mengenai kemampuan mengenali emosi, mengelola emosi dan memotivasi diri untuk mencapai sesuatu.

4. Problem solving

Menjadi Costumer Service berarti Anda siap mendengarkan keluhan dan pertanyaan konsumen serta memberikan solusi yang tepat. Oleh karena itu, seorang Customer Service harus memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Anda harus dapat memberikan ide-ide kreatif dan solutif untuk membantu konsumen Anda.

Meskipun mudah diucapkan, kemampuan menyelesaikan masalah bukanlah hal yang mudah. Anda harus mampu berpikir positif terhadap masalah, fokus terhadap solusi, memberikan ide-ide kreatif dan solutif, serta mampu berkomunikasi dengan baik. Ikuti kelas Problem Solving: Cara Memecahkan Masalah ala Konsultan untuk melatih Anda menjadi seorang problem solver.

5. Empati

Empati adalah kemampuan untuk memahami perasaan orang lain. Customer Service harus bisa mengidentifikasi dan memahami perasaaan konsumen untuk menyesuaikan cara berkomunikasi yang akan digunakan. Tidak dapat memahami perasaan konsumen dapat menyebabkan kesalahan dalam berkomunikasi atau memberikan solusi, selain itu konsumen juga akan menilai bahwa Anda tidak dapat memberikan pelayanan yang baik. Ini mungkin dapat mempengaruhi citra perusahaan, dan mempengaruhi karier Anda.

(Sumber: giphy.com)

Itulah beberapa kemampuan utama yang harus dimiliki apabila Anda ingin menjadi seorang Customer Service yang andal. Skill Academy memiliki kelas untuk belajar menjadi frontliner yang dapat memberikan pelayanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Ikuti kelasnya untuk belajar menjadi Customer Service andal untuk meningkatkan karier Anda.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, silakan klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

CTA skill academy