Tips Foto Produk untuk Jualan Online dengan Menggunakan HP

1 min read

Foto produk merupakan hal yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. Dilansir dari payu.in, konten visual 40 kali lebih banyak dibagikan dibandingkan konten lainnya, dan sebanyak 22% produk yang dijual online dikembalikan karena produk berbeda dengan foto yang diunggah. Data ini menunjukkan bahwa foto produk memiliki peran penting dalam penjualan. 

Melakukan foto produk tidak harus menggunakan kamera canggih keluaran terbaru, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan smartphone atau HP. Berikut beberapa tips melakukan foto produk dengan menggunakan HP, simak ya!

1. Siapkan background yang sesuai

Untuk menghasilkan foto produk yang bagus, Anda perlu mempersiapkan background yang sesuai. Gunakan warna netral sebagai background foto produk Anda, warna putih akan menampilkan kesan bersih, elegan, dan menunjukkan detail produk Anda. Apabila Anda menjual produk dengan ukuran kecil, Anda dapat meminimalisir dana dengan membuat studio mini.

(Sumber: pexels.com)

2. Atur pencahayaan

Dilansir dari gofotografer.com, pencahayaan dapat menghasilkan foto yang lebih berkarakter. Jika Anda melakukan foto produk di luar ruangan, maka Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari, namun Anda harus pandai memilih waktu agar mendapat cahaya matahari yang pas, biasanya pada pagi dan sore hari cahaya matahari cenderung hangat dan lembut. Jika Anda melakukan foto produk di dalam ruangan, maka Anda perlu mencari tempat dengan cahaya yang cukup atau menggunakan studio lighting

(Sumber: freepik.com)

3. Jangan zoom dan matikan flashlight 

Jika Anda ingin menunjukkan detail produk, Anda dapat mendekatkan kamera ponsel Anda ke produk daripada melakukan zoom in. Apabila Anda melakukan hal ini, maka foto yang dihasilkan biasanya memiliki resolusi yang rendah, gambar kurang tajam, dan terlihat pecah. Flashlight dari ponsel Anda kurang bagus untuk foto produk, lebih baik gunakan cahaya alami atau lampu studio. 

(Sumber: giphy.com)

4. Ambil foto dari beberapa sudut

Agar konsumen dapat mengenali dan melihat produk Anda dengan baik, maka Anda perlu mengambil foto produk dari angle atau sudut yang berbeda-beda. Misalnya, Anda sedang melakukan foto produk sebuah baju, maka Anda dapat mengambil dari angle depan, belakang, samping, dan detail baju. Untuk produk baju, sepatu, dan tas, Anda perlu menggunakan model agar dapat menjadi gambaran bagi konsumen.

(Sumber: freepik.com)

5. Edit agar lebih menarik

Untuk memaksimalkan hasil foto, Anda dapat melakukan sedikit sentuhan editing untuk membuat foto lebih menarik. Anda dapat mengatur warna, kontras, dan detail lainnya. Namun, Anda tidak perlu mengedit secara berlebihan karena akan membuat produk terlihat palsu. Tambahkan juga watermark agar foto produk Anda tidak diambil dan digunakan oleh orang lain. 

(Sumber: pexels.com)

Itulah beberapa tips melakukan foto produk dengan menggunakan kamera ponsel. Anda dapat mengetahui teknik dan tips lainnya dengan mengikuti kelas Mahir Foto Produk Menggunakan HP dari Skill Academy. Dalam kelas ini, Anda akan belajar mulai dari pengenalan fotografi, persiapan sebelum melakukan foto produk, teknik foto produk, hingga langkah penting setelah pengambilan foto. 

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy, Anda dapat mengunjungi skillacademy.com.