Tips Maksimalkan Skill Setelah Selesai Pelatihan Kartu Prakerja

1 min read

Kartu Prakerja

Setelah lauching pada pertengahan April lalu, Kartu Prakerja diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Peserta dapat membeli berbagai pelatihan  Kartu Prakerja dari Skill Academy by Ruangguru melalui mitra Prakerja. Dengan menghadirkan berbagai kelas yang diajarkan oleh instruktur berpengalaman, Skill Academy diharapkan dapat membantu kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini khususnya dalam menghadapi krisis selama pandemi.

Bagi Anda yang sudah selesai mengikuti pelatihan online dari program Kartu Prakerja, kini Anda harus berusaha memaksimalkan ilmu atau keahlian yang sudah didapat. Memang, di masa pandemi seperti saat ini, mencari pekerjaan merupakan hal yang sangat sulit. Bahkan, gelombang PHK pun masih menjadi hal yang sangat mungkin bisa berlanjut.

selesai pelatihan prakerja

(Sumber: ayobandung.com)

Paling tidak, beberapa tips berikut bisa membantu Anda supaya kemampuan Anda setelah mengikuti pelatihan online dengan Kartu Prakerja tidak sia-sia.

1. Lakukan Evaluasi

Melakukan evaluasi merupakan hal yang sangat penting setelah Anda mempelajari suatu hal. Terlebih sebuah pelatihan untuk mengembangkan kemampuan diri. Anda bisa melakukan penilaian terhadap diri sendiri. Anda juga bisa menggunakan bantuan dari orang lain terkait skill yang Anda pelajari di pelatihan online Kartu Prakerja dengan Skill Academy ini. Penilaian dari orang lain sangat memungkinkan menjadi tolok ukur Anda atas pemahaman skill yang ada dapati.

2. Menentukan Target Selanjutnya

Pertengahan bulan Septemberi ini, program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 8. Jika Anda baru saja dinyatakan lolos gelombang 8 atau bahkan ingin mendaftar gelombang selanjutnya, Anda perlu membuat semacam list (daftar) target selanjutnya setelah mempelajari skill di pelatihan online dengan Kartu Prakerja tersebut. Hal ini bisa menjadi acuan supaya Anda tetap semangat melakukan kegiatan di masa pandemi COVID-19. Daftar tersebut berisi target yang harus Anda capai dalan jangka waktu tertentu. Dengan begitu, skill yang sudah Anda pelajari pastinya tetap bermanfaat,

Baca Juga: Beberapa Keunggulan Platform Pelatihan Online

3. Mencoba Praktik Skill yang Sudah Dipelajari

selesai pelatihan prakerja

(Sumber: unsplash.com)

Beberapa kelas di pelatihan online ada yang direlevansikan dengan masa sulit di tengah wabah COVID-19 kali ini. Ambil satu contoh, tentang pelatihan sukses jualan online. Jika Anda memilih kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram, maka tantangan paling akhir ialah terjun langsung melakukan praktik berjualan secara online. Anda bisa mencoba berjualan secara online tanpa harus produksi barang terlebih dahulu. Caranya dengan menjual kembali barang yang ditawarkan oleh orang lain. Cara berjualan seperti ini bisa disebut dengan dropshipper atau juga ada yang tipenya reseller.

Cuplikan materi kelas Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

4. Cari Info Lowongan Pekerjaan

Poin terakhir ini diakui memang cukup sulit. Jangankan untuk mencari lowongan kerja, malah yang banyak info tentang pemutusan hubungan kerja (PHK). Betul? Eits, tidak semua perusahaan itu gulung tikar. Beberapa sektor.seperti pangan dan kesehatan, masih membutuhkan beberapa tenaga pekerja lho. Tidak ada salahnya mencari info lowongan kerja, namanya rezeki kan tidak ada yang tahu. Tetap semangat dan tetap sehat ya!

Baca juga: Lakukan Ini Agar Sertifikat Muncul di Dashboard Prakerja

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan skill setelah menyelesaikan pelatihan online dengan program Kartu Prakerja. Jangan mudah menyerah untuk membangun karir dan memperbanyak skill di kala pandemi COVID-19.

Skill Academy by Ruangguru terus berkomitmen memberikan pelatihan secara online bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Bekerja sama dengan program Kartu Prakerja dari pemerintah, mengajak Anda untuk mengembangkan karir dan skill Anda menjadi lebih baik. Klik CTA di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

selesai pelatihan prakerja