Tips Melakukan Wawancara Kerja

1 min read

tips wawancara kerja

Wawancara merupakan salah satu tahap yang cukup krusial bagi pelamar. Pasalnya, setelah melewati tahap seleksi CV, Anda bisa saja tidak jadi  berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan apabila wawancara kerja Anda kurang berjalan dengan baik. Menurut riset glassdoor.com, hanya sekitar 2% yang berhasil lolos tahap seleksi CV. Dari 2% orang tersebut, 80% nya ternyata gagal dalam melakukan tahap wawancara kerja

Dari data tersebut, artinya banyak pula orang yang gagal dalam wawancara kerja walaupun sudah lolos seleksi CV. Tentunya Anda ingin menampilkan performa terbaik dalam wawancara bukan? Simak tips berikut agar sukses wawancara kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Baca juga: Sedang Cari Kerja? Ini Rekomendasi Kelas Prakerja untuk Anda 

Penuh dengan Persiapan

Persiapan wawancara kerja

(Sumber: pexels.com)

Recruiter sangat menyenangi pelamar yang memiliki persiapan. Hal tersebut meliputi bagaimana Anda membawa beberapa berkas yang dibutuhkan saat interview, datang tepat waktu, dan terlebih lagi bagaimana Anda sudah memiliki pengetahuan tentang perusahaan dan divisi yang Anda pilih. Dengan begitu, recruiter akan mempertimbangkan Anda sebagai kandidat pilihan. 

Sampaikan Beberapa Keahlian

(Sumber: giphy.com)

Para pelamar umumnya mencantumkan keahlian hanya dari CV, pada kesempatan wawancara kerja, Anda bisa mengutarakan keahlian Anda secara lebih detail. Apalagi jika Anda memiliki keahlian dalam berbahasa asing. Anda bisa unjuk gigi di depan recruiter jika dikehendaki. Namun, bagi Anda yang belum lihai berbahasa asing, Anda bisa mempelajarinya dalam Kelas Bahasa Inggris: Lancar Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Melalui kelas tersebut, Anda akan mempelajari persiapan diri dalam wawancara bahasa Inggris, penggunaan tenses yang tepat, dan juga memahami konteks wawancara serta interaksi positif. Bersama Instruktur Alexander Mulia dan Kartika Akbaria, Anda akan sukses wawancara kerja dengan Bahasa Inggris. 

Mengikuti Pelatihan Wawancara Kerja

Dalam wawancara kerja, Anda pun perlu berlatih agar semakin ahli dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh  recruiter. Maka dari itu, Anda pun memerlukan seorang mentor. yang bisa mengarahkan.Mentor yang ahli dalam bidang wawancara, akan membantu Anda dalam meraih pekerjaan yang diinginkan. Salah satunya ialah dengan mengikuti kelas Sukses Interview/Wawancara Kerja

Pada kelas ini, kamu akan mempelajari tips sebelum wawancara, pertanyaan yang sering diajukan, metode jawab yang baik saat wawancara, bagaimana melakukan follow up setelah wawancara, serta role play dalam menghadapi wawancara. Kelas ini akan dipandu oleh instruktur Iman Usman Co-Founder Ruangguru dan sudah mendapatkan  rating kelas yang mencapai 4,9 lho.

Baca juga: Memilih Pekerjaan di Bidang yang Baru, Mungkin Nggak sih?

Itulah 3 tips singkat yang bisa membantumu dalam wawancara kerja. Tetap lakukan semaksimal mungkin yang bisa Anda lakukan agar bisa sukses wawancara dan meraih pekerjaan impian. Anda juga bisa mendapatkan informasi yang lengkap seputar Skill Academy dengan mengeklik CTA di bawah ini, ya. Tetap semangat dan good luck!

Skill Academy Prakerja