Tips Mengurangi Stress agar Kerja Tetap Produktif

1 min read

Stres akibat pekerjaan merupakan hal yang sulit untuk dihindari. Deadline pekerjaan yang sangat cepat, pekerjaan yang terus bertambah, lingkungan yang kurang nyaman hingga merasa gaji mulai tidak cukup memenuhi kebutuhan Anda dapat menyebabkan stres.

Berdasarkan penelitian National University Health System’s (NUHS) Mind Science Centre Singapore dengan 1849 responden, memperoleh hasil bahwa pekerja dengan usia di bawah 45 tahun lebih mudah merasa stres atau mengalami gangguan kecemasan. Sebelum stres Anda menjadi semakin buruk dan mengganggu produktivitas, simak beberapa tips mengurangi stres akibat pekerjaan berikut ini!

1. Awali hari dengan hal yang menyenangkan

Memulai hari dengan hal yang menyenangkan akan mempengaruhi keseluruhan hari Anda. Anda dapat memulai hari dengan secangkir teh atau kopi, sarapan, dan mendengarkan lagu yang dapat meningkatkan mood Anda. Tak hanya itu, Anda juga dapat melakukan olahraga kecil seperti peregangan atau melakukan jalan santai di pagi hari Agar menjadi lebih segar.

(Sumber: giphy.com)

2. Sediakan waktu untuk mengisi energi dan fokus Anda

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa semakin lama bekerja maka akan semakin banyak pekerjaan yang bisa Anda selesaikan. Padahal, semakin lama Anda bekerja tanpa memberi jeda untuk beristirahat akan membuat tingkat produktivitas Anda menurun dan stres meningkat karena energi yang tersisa semakin sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan waktu untuk istirahat dan mengembalikan energi serta fokus Anda.

Dilansir dari forbes.com, jika Anda telah melakukan pekerjaan dengan konsentrasi intens selama 90 menit yang diikuti dengan istirahat singkat dapat menurunkan pertumbuhan stres dan meremajakan diri.

(Sumber: freepik.com)

Baca juga: Jenis Skill Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di Tahun 2025

3. Makan teratur dan tidur cukup

Langkah selanjutnya adalah menjaga pola makan dan tidur Anda. Saat mengalami stres biasanya pola makan dan tidur seseorang akan berantakan. Apabila hal ini telah terjadi, maka Anda harus mulai memperbaiki pola makan dan tidur Anda.

Makan dan tidur merupakan hal yang penting bagi kesehatan Anda. Sharon Melnick Ph.D seorang psikologi bisnis, menyarankan untuk makan makanan rendah gula dan tinggi protein serta tidur yang nyenyak. Tidur nyenyak akan membantu Anda mendapatkan efek peremajaan atau pemulihan pada tubuh.

(Sumber: giphy.com)

Itulah beberapa tips untuk mengurangi stres akibat kelelahan bekerja. Dapatkan tips lainnya dengan mengikuti kelas Teknik Mengelola Stress Agar Kerja Tetap Produktif dari Skill Academy, dalam kelas ini Anda akan belajar mengetahui penyebab stres hingga cara mengatasi stres yang sedang Anda alami. Kelas ini telah diikuti oleh lebih dari 26.000 peserta dengan rating 4.9. Tunggu apa lagi? Ikuti kelasnya dan kelola stres Anda agar kerja lebih produktif

Selain mengelola stres, Anda juga dapat mengikuti kelas mengelola emosi yang dapat menunjang kemajuan karier Anda, ikuti kelasnya hanya di Skill Academy.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar.

CTA skill academy