Tips Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Bahasa Inggris

1 min read

Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Bahasa dapat digunakan untuk menyampaikan pesan, gagasan, pendapat, dan pikiran kepada orang lain. Dilansir dari statista.com, Bahasa Inggris merupakan bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia, ini digunakan oleh sebanyak 1,28 miliar orang.

Kemampuan berbahasa Inggris juga penting dalam dunia kerja, sebagian perusahaan multinasional atau BUMN menetapkan standar bahasa Inggris dengan skor TOEFL. Karena kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris merupakan hal yang penting untuk karier, Anda harus memiliki kemampuan ini agar mampu bertahan di tengah persaingan.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, bagi Anda yang belum memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, simak tips di bawah ini ya!

  • Nonton film dengan subtitle bahasa Inggris

Salah satu cara belajar basaha Inggris agar tidak membosankan adalah dengan menonton film. Apabila biasanya Anda menonton film dengan subtitle bahasa Indonesia, mulai sekarang gunakan subtitle bahasa Inggris. Anda juga dapat mendengarkan audio film dengan menggunakan earphone agar suara dapat terdengar jelas. Cara ini dapat membantu menambah kosa kata dan juga meningkatkan kemampuan listening Anda. Anda tidak hanya sekedar menonton namun juga belajar meningkatkan keterampilan bahasa Inggris Anda.

(Sumber: freepik.com)

  • Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris

Apabila Anda adalah penikmat musik, cara ini akan sangat membantu dan menyenangkan untuk dilakukan. Mulai dengan mengubah playlist lagu Anda dengan lagu-lagu berbahasa Inggris. Anda dapat memilih lagu-lagu kesukaan Anda atau lagu-lagu dengan irama yang menyenangkan agar tidak membosankan saat didengar. Cara ini akan membantu Anda menambah kosa kata dan, dan juga mempraktikkannya dengan bernyanyi.

(Sumber: giphy.com)

  • Berlatih percakapan bahasa Inggris

Cara terbaik untuk meningkatkan adalah dengan mempraktikkan untuk berbicara bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Namun, banyak orang yang masih takut untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris karena takut melakukan kesalahan. Anda dapat melakukan percakapan bahasa Inggris sehari-hari dengan teman Anda yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik agar kesalahan pengucapan atau susunan kalimat dapat diperbaiki.

(Sumber: pexels.com)

  • Ikut komunitas atau organisasi bahasa Inggris

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengikuti komunitas bahasa Inggris. Dengan mengikuti komunitas bahasa Inggris, Anda akan menemukan teman-teman baru dengan tujuan yang sama yaitu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Mengikuti komunitas akan membantu Anda untuk praktik berkomunikasi dengan baik, saling memberikan koreksi dan masukan untuk kesalahan dalam berbahasa, serta berbagi tips dan trik belajar.

(Sumber: unsplash.com)

  • Mengikuti kursus

Cara selanjutnya adalah mengikuti kelas pelatihan berbahasa Inggris merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan Anda. Apabila Anda ingin meningkatkan kemampuan berbicara dengan bahasa Inggris maka Anda dapat memilih kelas yang lebih banyak praktik daripada teori. Dengan mengikuti kursus, Anda akan mendapat evaluasi langsung dari ahlinya, selain itu Anda juga akan diberi tips dan trik belajar, serta mendapatkan sertifikat setelah mengikuti ujian yang diberikan.

Anda dapat mengikuti kursus atau pelatihan berkomunikasi bahasa Inggris dari Skill Academy, terdapat beberapa pilihan kelas untuk Anda, diantaranya adalah Lancar Wawancara Kerja Bahasa Inggris, Bahasa Inggris untuk Bisnis, Bahasa Inggris di Tempat Kerja (Pemula), dan masih ada pilihan kelas lainnya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang ingin Anda capai.

Itulah beberapa tips meningkatkan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris yang dapat Anda coba. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

Skill Academy Prakerja