Tips Meningkatkan Keterampilan Menulis untuk Menghasilkan Uang

1 min read

Saat ini, menulis merupakan aktivitas yang dapat memberikan penghasilan bagi Anda. Dalam bisnis, kemampuan menulis merupakan hal penting, perusahaan membutuhkan seseorang dengan kemampuan menulis yang mumpuni untuk dapat menghasilkan artikel blog yang menarik.

Namun, menulis bukan hanya menyusun beberapa kata menjadi sebuah kalimat, Anda juga harus memperhatikan struktur penulisan, alur materi dan beberapa hal lainnya. Menulis merupakan suatu keterampilan yang bisa dipelajari dan dikembangkan. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda:

1. Giat berlatih

Apakah Anda pernah mendengar pepatah “practice makes perfect”? Ini merupakan peribahasa yang dapat diterapkan dalam berbagai aktivitas dalam hidup, termasuk menulis. Menjadi penulis terkenal dan andal tentu bukan hal yang dapat dicapai secara instan dan mudah, diperlukan latihan dan kesabaran untuk itu. Berlatih akan membuat Anda terbiasa dan mengurangi rasa takut pada halaman kosong, memperbanyak kosa kata dan pemilihan kalimat, serta mengembangkan gaya menulis Anda.

(Sumber: giphy.com)

2. Rajin membaca

Membaca merupakan salah satu cara yang baik untuk mengembangkan keterampilan menulis Anda. Dengan rajin membaca berbagai jenis tulisan, wawasan Anda akan bertambah. Selain itu, Anda juga dapat menemukan ide atau inspirasi dari tulisan-tulisan yang Anda baca. Anda dapat mengamati struktur kalimat, pemilihan kata, hubungan antar paragraf, dan alur tulisan tersebut.

(Sumber: pexels.com)

Baca juga: Bukan Sekedar Hobi, Inilah Beberapa Hobi yang Dapat Menambah Penghasilan Anda

3. Buat outline sebelum menulis

Membuat outline atau garis besar sebelum mulai menulis akan memudahkan proses selanjutnya. Outline akan memudahkan Anda untuk mengembangkan kerangka yang telah dibuat daripada menulis mulai dari halaman kosong, selain itu dengan membuat outline terlebih dahulu, tulisan Anda akan tetap berada pada alurnya. Membuat kerangka kasar sebelum menulis dapat diibaratkan memiliki peta sebelum melakukan sebuah perjalanan menuju suatu tempat, kemungkinan Anda tersesat akan sangat kecil.

(Sumber: freepik.com)

4. Minta pendapat dan saran

Untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda tentu perlu adanya evaluasi, bukan hanya dari Anda tapi juga dari orang lain. Anda bisa menunjukkan hasil tulisan Anda kepada rekan kerja, atasan, atau teman Anda yang memiliki kemampuan dan pengalaman menulis. Minta pendapat mengenai tulisan Anda, tanyakan hal apa saja yang perlu Anda kembangkan, pertahankan dan perbaiki dari tulisan Anda.

Apabila mendapatkan kritikan atau pendapat yang kurang menyenangkan, Anda tidak boleh langsung berkecil hati dan menyerah untuk menulis, jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk dapat menulis dengan lebih baik lagi.

(Sumber: giphy.com)

5. Mengikuti kursus atau kelas pelatihan menulis

Untuk meningkatkan keterampilan menulis, Anda juga dapat mengikuti kursus atau kelas pelatihan menulis. Dengan mengikuti kursus, Anda akan belajar secara intens dengan seseorang yang memang ahli di bidang menulis. Selain itu, mengikuti kursus juga dapat membantu Anda untuk belajar mengenai menulis mulai dari dasar, menerima evaluasi langsung dari ahlinya dan mendapatkan sertifikat setelah mengikuti kursus.

Saat ini, Anda dapat mengikuti kelas pelatihan menulis secara online dengan Skill Academy. Terdapat pilihan kelas menulis yang beragam seperti Kuasai Teknik Storytelling & Creative Writing untuk Non-Fiksi, Belajar Menulis Naskah Film yang Menarik untuk Pemula, Teknik Menulis Naskah Berita seperti Jurnalis Andal, dan kelas-kelas menulis lainnya.

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan keterampilan menulis Anda. Untuk mengetahui lebih lengkap seputar Skill Academy dan kelas pelatihan yang ada, klik CTA di bawah ini ya! Selamat belajar!

Skill Academy Prakerja